Contoh Kompetisi dalam Kebaikan di Sekolah

Kompetisi dalam kebaikan dapat diterapkan di berbagai bidang, termasuk di sekolah. Berikut adalah beberapa contoh kompetisi dalam kebaikan di sekolah:
  • Kegiatan lomba-lomba yang diadakan oleh sekolah, seperti lomba kebersihan kelas, lomba kebersihan lingkungan sekolah, lomba karya tulis ilmiah, lomba pidato, lomba cerdas cermat, dan sebagainya. Kegiatan-kegiatan ini dapat menjadi sarana bagi siswa untuk berkompetisi dalam kebaikan, seperti bersaing untuk menjadi kelas terbersih, lingkungan sekolah terbersih, karya tulis ilmiah terbaik, pidato terbaik, atau tim cerdas cermat terunggul.
  • Kegiatan-kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh siswa, seperti membantu korban bencana alam, membantu anak-anak yatim piatu, membantu orang-orang yang membutuhkan, dan sebagainya. Kegiatan-kegiatan ini dapat menjadi sarana bagi siswa untuk berkompetisi dalam kebaikan, seperti bersaing untuk mengumpulkan dana bantuan sosial terbanyak, membantu korban bencana alam paling banyak, atau membantu anak-anak yatim piatu paling lama.
  • Kegiatan-kegiatan keagamaan yang diadakan oleh sekolah, seperti lomba tahfiz Al-Qur'an, lomba adzan, lomba ceramah agama, dan sebagainya. Kegiatan-kegiatan ini dapat menjadi sarana bagi siswa untuk berkompetisi dalam kebaikan, seperti bersaing untuk menjadi penghafal Al-Qur'an terbanyak, menjadi muadzin terbaik, menjadi penceramah agama terbaik, dan sebagainya.

Penjelasan

Kompetisi dalam kebaikan di sekolah dapat dilakukan dengan menerapkan prinsip-prinsip “M6” yang telah disebutkan di atas. Dengan demikian, kompetisi dalam kebaikan di sekolah dapat memberikan manfaat yang besar, baik bagi siswa itu sendiri maupun bagi masyarakat luas.

Berikut adalah beberapa penjelasan lebih lanjut tentang contoh-contoh kompetisi dalam kebaikan di sekolah yang disebutkan di atas:

1. Kegiatan lomba-lomba yang diadakan oleh sekolah

Kegiatan lomba-lomba yang diadakan oleh sekolah dapat menjadi sarana bagi siswa untuk berkompetisi dalam kebaikan dengan cara bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam bidang-bidang tertentu, seperti kebersihan, akademis, seni, dan olahraga. Kegiatan-kegiatan ini dapat mendorong siswa untuk meningkatkan prestasi dan keterampilannya, serta untuk berbuat kebaikan bagi orang lain.

Misalnya, dalam lomba kebersihan kelas, siswa dapat berkompetisi untuk menjadi kelas yang paling bersih dan rapi. Untuk mencapai hal ini, siswa harus bekerja sama untuk menjaga kebersihan kelas, seperti menyapu, mengepel, membersihkan meja dan kursi, dan membuang sampah pada tempatnya. Dengan demikian, kegiatan lomba kebersihan kelas dapat mendorong siswa untuk berbuat kebaikan bagi lingkungannya.

2. Kegiatan-kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh siswa

Kegiatan-kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh siswa dapat menjadi sarana bagi siswa untuk berkompetisi dalam kebaikan dengan cara membantu orang lain yang membutuhkan. Kegiatan-kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa empati dan solidaritas sosial di kalangan siswa, serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Misalnya, dalam kegiatan bakti sosial membantu korban bencana alam, siswa dapat berkompetisi untuk mengumpulkan dana bantuan sosial terbanyak. Untuk mencapai hal ini, siswa harus bekerja sama untuk menggalang dana dari berbagai pihak, seperti keluarga, teman, tetangga, dan masyarakat umum. Dengan demikian, kegiatan bakti sosial membantu korban bencana alam dapat mendorong siswa untuk berbuat kebaikan bagi orang lain yang membutuhkan.

3. Kegiatan-kegiatan keagamaan yang diadakan oleh sekolah

Kegiatan-kegiatan keagamaan yang diadakan oleh sekolah dapat menjadi sarana bagi siswa untuk berkompetisi dalam kebaikan dengan cara meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt. Kegiatan-kegiatan ini dapat menumbuhkan akhlak mulia dan perilaku terpuji di kalangan siswa, serta dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang ajaran agama.

Misalnya, dalam lomba tahfiz Al-Qur'an, siswa dapat berkompetisi untuk menjadi penghafal Al-Qur'an terbanyak. Untuk mencapai hal ini, siswa harus bekerja keras untuk menghafal Al-Qur'an dengan tekun dan disiplin. Dengan demikian, kegiatan lomba tahfiz Al-Qur'an dapat mendorong siswa untuk berbuat kebaikan dengan cara menghafal Al-Qur'an.

Demikianlah beberapa contoh kompetisi dalam kebaikan di sekolah. Semoga bermanfaat.

Komentar