Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Coba Jelaskan Makna Negara Merdeka dan Berdaulat dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia

Coba jelaskan makna negara merdeka dan berdaulat dalam kerangka negara kesatuan republik indonesia

Jawaban:

Makna Negara Merdeka dan Berdaulat dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia

Negara merdeka adalah negara yang tidak tunduk pada kekuasaan negara lain. Negara berdaulat adalah negara yang memiliki kekuasaan penuh untuk mengatur dirinya sendiri. Dalam kerangka negara kesatuan republik indonesia, makna negara merdeka dan berdaulat adalah sebagai berikut:
  • Merdeka berarti Indonesia bebas dari penjajahan dan pengaruh asing. Bangsa Indonesia telah berjuang selama ratusan tahun untuk meraih kemerdekaannya. Kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.
  • Berdaulat berarti Indonesia memiliki kedaulatan penuh atas wilayahnya, sumber daya alamnya, dan rakyatnya. Kedaulatan Indonesia dijamin oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Makna negara merdeka dan berdaulat dalam kerangka negara kesatuan republik indonesia memiliki beberapa implikasi penting, yaitu:
  • Negara Indonesia berhak menentukan nasibnya sendiri. Bangsa Indonesia bebas menentukan arah pembangunan dan pemerintahannya tanpa campur tangan dari negara lain.
  • Negara Indonesia berhak mengatur wilayahnya sendiri. Negara Indonesia memiliki hak penuh untuk mengelola wilayahnya, termasuk sumber daya alamnya.
  • Negara Indonesia berhak melindungi rakyatnya. Negara Indonesia berkewajiban melindungi keselamatan dan kesejahteraan rakyatnya.

Implementasi Makna Negara Merdeka dan Berdaulat

Makna negara merdeka dan berdaulat harus diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Implementasi tersebut dapat dilakukan melalui berbagai cara, antara lain:
  • Meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Bangsa Indonesia harus memiliki kesadaran yang kuat bahwa mereka adalah bangsa yang merdeka dan berdaulat.
  • Menjaga keutuhan wilayah NKRI. Bangsa Indonesia harus bersatu padu untuk menjaga keutuhan wilayah NKRI dari segala ancaman.
  • Membangun kesejahteraan rakyat. Negara Indonesia harus bekerja keras untuk membangun kesejahteraan rakyatnya.

Dengan mengimplementasikan makna negara merdeka dan berdaulat, bangsa Indonesia dapat mewujudkan cita-citanya untuk menjadi bangsa yang merdeka, berdaulat, dan sejahtera.