Cermati Berita atau Informasi yang Beredar tentang Mereka yang Dianggap Sebagai Tokoh di Lingkunganmu! Buah Roh Mana yang Terlihat dengan Jelas?

Cermati berita atau informasi yang beredar tentang mereka yang dianggap sebagai tokoh di lingkunganmu! Ambil satu contoh tindakan yang tokoh ini lakukan atau pelajari pesan/pidato yang tokoh ini sampaikan. Buah Roh mana yang terlihat dengan jelas? Berikan alasan mengapa hal itu kamu anggap jelas!

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 4 Aktivitas di Luar Kelas, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 3 Nilai-nilai Kristiani, halaman 56.

Jawaban:

Buah Roh yang Terlihat pada Tokoh Lingkungan Sekitar

Dalam lingkungan saya, ada seorang tokoh yang saya anggap sebagai panutan. Ia adalah seorang guru yang sudah mengajar selama lebih dari 30 tahun. Beliau dikenal sebagai sosok yang sabar, bijaksana, dan selalu berusaha untuk membantu orang lain.

Salah satu contoh tindakan yang dilakukan oleh tokoh ini adalah saat beliau membantu seorang siswa yang kesulitan dalam belajar. Siswa tersebut berasal dari keluarga yang kurang mampu dan tinggal di daerah terpencil. Beliau dengan sabar memberikan bimbingan belajar kepada siswa tersebut secara cuma-cuma. Berkat bimbingan beliau, siswa tersebut akhirnya berhasil lulus dari sekolah dengan nilai yang baik.

Dari tindakan tersebut, saya melihat bahwa buah Roh yang terlihat dengan jelas pada tokoh ini adalah kasih dan kebaikan. Kasih terlihat dari sikap beliau yang mau membantu orang lain tanpa pamrih. Kebaikan terlihat dari tindakan beliau yang memberikan bimbingan belajar secara cuma-cuma kepada siswa tersebut.

Selain itu, saya juga melihat buah Roh kesetiaan pada tokoh ini. Beliau telah mendedikasikan hidupnya untuk mengajar selama lebih dari 30 tahun. Beliau selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi para siswanya.

Penjelasan

Kasih adalah buah Roh yang paling utama. Kasih merupakan dasar dari semua buah Roh lainnya. Kasih terlihat dari sikap kita yang mau mengasihi orang lain, bahkan mereka yang berbeda dari kita. Dalam konteks contoh di atas, kasih terlihat dari sikap guru yang mau membantu siswa tersebut, meskipun siswa tersebut berasal dari keluarga yang kurang mampu dan tinggal di daerah terpencil.

Kebaikan adalah buah Roh yang menunjukkan bahwa kita memiliki hati yang murni dan tulus. Kebaikan terlihat dari tindakan kita yang menolong orang lain tanpa pamrih. Dalam konteks contoh di atas, kebaikan terlihat dari tindakan guru yang memberikan bimbingan belajar secara cuma-cuma kepada siswa tersebut.

Kesetiaan adalah buah Roh yang menunjukkan bahwa kita tetap teguh pada komitmen dan keyakinan kita. Kesetiaan terlihat dari sikap kita yang tetap setia kepada Tuhan dan kepada orang lain, bahkan dalam situasi yang sulit. Dalam konteks contoh di atas, kesetiaan terlihat dari sikap guru yang telah mendedikasikan hidupnya untuk mengajar selama lebih dari 30 tahun.

Demikianlah contoh buah Roh yang terlihat pada tokoh lingkungan sekitar. Dengan meneladani tokoh-tokoh seperti ini, kita dapat menjadi orang yang hidup dalam buah Roh.

Komentar