Ceritakan Pengalaman Masing-Masing yang Menunjukkan Bahwa Ada Perubahan atau Pembaruan yang Kalian Pernah Alami Karena Menyadari ada Cara yang Lebih Baik Dari yang Sudah Dilakukan

Ceritakan pengalaman masing-masing yang menunjukkan bahwa ada perubahan atau pembaruan yang kalian pernah alami karena menyadari ada cara yang lebih baik dari yang sudah dilakukan. Misalnya, kalian menemukan cara lebih baik untuk mengatur waktu belajar atau waktu tidur. Cerita itu disampaikan dengan mengikuti urut-urutan sebagai berikut:
a. Apa yang diubah?
b. Dari mana ide untuk berubah itu muncul?
c. Mana yang lebih dulu muncul: menyadari bahwa hal itu tidak bisa lagi dipertahankan, atau karena dapat informasi bahwa ada cara yang lebih baik?
d. Setelah kalian mencoba cara yang baru, apakah betul cara itu lebih baik dari yang sebelumnya dilakukan?

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 2 Aktivitas di Dalam Kelas, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 5 Allah Pembaru Kehidupan, halaman 89.

Jawaban:

Berikut adalah cerita pengalaman yang menunjukkan bahwa ada perubahan atau pembaruan yang pernah saya alami karena menyadari ada cara yang lebih baik dari yang sudah saya lakukan:

Apa yang diubah?

Saya mengubah cara saya belajar. Dulu, saya belajar dengan cara menghafal materi tanpa memahaminya. Saya hanya belajar untuk bisa menjawab soal ujian. Akibatnya, saya sering lupa materi yang sudah saya pelajari.

Dari mana ide untuk berubah itu muncul?

Ide untuk berubah muncul ketika saya melihat teman saya yang belajar dengan cara yang berbeda. Teman saya belajar dengan cara memahami materinya terlebih dahulu. Dia sering berdiskusi dengan guru dan teman-temannya untuk memahami materi.

Mana yang lebih dulu muncul: menyadari bahwa hal itu tidak bisa lagi dipertahankan, atau karena dapat informasi bahwa ada cara yang lebih baik?

Yang lebih dulu muncul adalah menyadari bahwa hal itu tidak bisa lagi dipertahankan. Saya merasa bahwa cara belajar saya yang dulu tidak efektif. Saya sering kesulitan menjawab soal ujian dan tidak bisa memahami materi dengan baik.

Setelah kalian mencoba cara yang baru, apakah betul cara itu lebih baik dari yang sebelumnya dilakukan?

Ya, cara belajar yang baru itu lebih baik dari yang sebelumnya dilakukan. Saya lebih mudah memahami materi dan bisa menjawab soal ujian dengan baik. Saya juga merasa lebih percaya diri dalam belajar.

Penjelasan

Pengalaman perubahan atau pembaruan yang saya alami ini menunjukkan bahwa Allah adalah Pembaru Hidup. Allah memberikan saya ide untuk berubah dengan cara menunjukkan kepada saya cara belajar yang lebih baik.

Ide untuk berubah itu muncul ketika saya melihat teman saya yang belajar dengan cara yang berbeda. Saya menyadari bahwa cara belajar saya yang dulu tidak efektif dan tidak bisa lagi dipertahankan. Saya kemudian mencoba cara belajar yang baru, yaitu dengan memahami materi terlebih dahulu.

Setelah saya mencoba cara yang baru, saya merasakan bahwa cara itu memang lebih baik dari yang sebelumnya dilakukan. Saya lebih mudah memahami materi dan bisa menjawab soal ujian dengan baik. Saya juga merasa lebih percaya diri dalam belajar.

Pengalaman perubahan atau pembaruan ini mengajarkan saya bahwa Allah selalu ingin yang terbaik bagi kita. Dia selalu memberikan kita jalan untuk menjadi lebih baik. Jika kita mau terbuka untuk perubahan, maka Allah akan menolong kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Komentar