Carilah Cerita Rakyat yang Ada di Daerah Tempat Tinggalmu dan Nilailah Tokoh Utama dalam Cerita Itu! Nilai Apa yang Tercermin Dari Tingkah Laku Tokoh Utama Itu?


Carilah cerita rakyat yang ada di daerah tempat tinggalmu dan nilailah tokoh utama dalam cerita itu! Nilai apa yang tercermin dari tingkah laku tokoh utama itu? Berikan penjelasan mengapa kamu menganggap itulah nilai yang mendasarinya!

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 3 Aktivitas di Luar Kelas, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 3 Nilai-nilai Kristiani, halaman 56.

Jawaban:

Cerita Rakyat "Si Tambun Raja"

Cerita rakyat "Si Tambun Raja" merupakan cerita rakyat yang berasal dari Sumatera Utara. Cerita ini mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Tambun yang memiliki tubuh yang besar dan gemuk. Tambun tinggal bersama ibunya yang miskin dan sebatang kara.

Pada suatu hari, Tambun dan ibunya pergi ke pasar untuk menjual hasil panen mereka. Namun, di tengah jalan mereka bertemu dengan sekelompok perampok yang hendak merampok mereka. Tambun yang memiliki kekuatan luar biasa berhasil mengalahkan perampok tersebut.

Kebaikan hati Tambun pun membuat banyak orang menyukainya. Ia sering membantu orang-orang yang membutuhkan, baik orang kaya maupun orang miskin. Tambun juga selalu berusaha untuk menjaga perdamaian di kampungnya.

Nilai yang Tercermin dari Tingkah Laku Si Tambun

Dari cerita rakyat "Si Tambun Raja" ini, kita dapat melihat beberapa nilai yang tercermin dari tingkah laku tokoh utama, yaitu Tambun. Nilai-nilai tersebut antara lain:

1. Keberanian
Tambun memiliki keberanian yang luar biasa. Ia berani melawan perampok yang hendak merampoknya dan ibunya. Keberanian Tambun ini juga terlihat dari kesediaannya untuk membantu orang-orang yang membutuhkan, bahkan orang-orang yang tidak dikenalnya.

2. Kasih sayang
Tambun memiliki kasih sayang yang besar kepada ibunya. Ia rela bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan ibunya. Kasih sayang Tambun ini juga terlihat dari kesediaannya untuk membantu orang-orang yang membutuhkan, baik orang kaya maupun orang miskin.

3. Keadilan
Tambun selalu berusaha untuk bersikap adil kepada semua orang. Ia tidak membeda-bedakan orang berdasarkan status sosialnya. Keadilan Tambun ini terlihat dari kesediaannya untuk membantu orang-orang yang membutuhkan, bahkan orang-orang yang tidak dikenalnya.

4. Persatuan dan kesatuan
Tambun selalu berusaha untuk menjaga perdamaian di kampungnya. Ia tidak membiarkan ada pertikaian di kampungnya. Persatuan dan kesatuan Tambun ini terlihat dari kesediaannya untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada di kampungnya dengan cara yang damai.

Penjelasan

Menurut saya, nilai-nilai yang tercermin dari tingkah laku Si Tambun adalah nilai-nilai yang sesuai dengan buah-buah roh yang ada dalam Alkitab. Buah-buah roh adalah karakter atau sifat yang harus dimiliki oleh orang-orang Kristen. Buah-buah roh tersebut antara lain:
  • Kasih
  • Sukacita
  • Damai sejahtera
  • Kesabaran
  • Kelembutan
  • Penguasaan diri

Nilai-nilai yang dimiliki oleh Si Tambun, yaitu keberanian, kasih sayang, keadilan, dan persatuan dan kesatuan, selaras dengan nilai-nilai yang ada dalam buah-buah roh. Misalnya, keberanian Si Tambun selaras dengan nilai kasih, karena kasih mendorong kita untuk berani melakukan hal-hal yang benar, bahkan jika itu berarti harus melawan kejahatan. Kasih sayang Si Tambun selaras dengan nilai sukacita, karena kasih membuat kita bahagia ketika bisa membantu orang lain. Keadilan Si Tambun selaras dengan nilai damai sejahtera, karena keadilan menciptakan suasana yang harmonis dan damai. Persatuan dan kesatuan Si Tambun selaras dengan nilai kesabaran, karena persatuan dan kesatuan membutuhkan kesabaran untuk membangun dan memeliharanya.

Cerita rakyat "Si Tambun Raja" merupakan cerita yang baik untuk mengajarkan nilai-nilai yang penting bagi kehidupan kita. Cerita ini mengajarkan kita untuk menjadi orang yang berani, penuh kasih sayang, adil, dan bersatu.

Comments