Carilah Apa Saja Wujud Ketidakadilan yang Diberitakan di Media Massa atau Dari Sumber Lain yang Dapat Dipercaya Selama Setahun Terakhir

Menemukan berbagai wujud ketidakadilan.
Carilah apa saja wujud ketidakadilan yang diberitakan di media massa atau dari sumber lain yang dapat dipercaya selama setahun terakhir. Tuliskan apa yang kalian temui dengan mengisi tabel di bawah ini. Setelah dikerjakan secara pribadi, bahas di dalam kelompok sehingga kalian bisa saling berbagi. Percakapan di dalam kelompok akan dilakukan pada kesempatan berikut.
 
Laporkan pembahasan kelompok di depan kelas. Pada akhir presentasi kel


ompok, buat kesepakatan dalam bentuk tindakan yang kalian akan lakukan secara bersama-sama untuk menghapus tindakan ketidakadilan walaupun dalam lingkungan yang kecil atau terbatas.


 
Pertanyaan diatas adalah soal nomor 1 Aktivitas di Luar Kelas, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 8 Prinsip Setia, Adil, dan Kasih, halaman 138.

Jawaban:

Wujud Ketidakadilan di Indonesia


Tindakan untuk Mencegah Ketidakadilan

Berdasarkan analisis kami, wujud ketidakadilan di Indonesia disebabkan oleh berbagai faktor, seperti patriarki, diskriminasi, dan korupsi. Untuk mencegah hal serupa berulang di kemudian hari, kita perlu melakukan berbagai tindakan, seperti:
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keadilan. Kita perlu memahami bahwa ketidakadilan adalah masalah serius yang dapat merugikan banyak orang.
  • Memperkuat penegakan hukum. Hukum harus ditegakkan secara adil dan tanpa pandang bulu.
  • Membangun budaya demokrasi. Demokrasi adalah sistem yang menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan.

Sebagai siswa, kita bisa ikut berperan dalam mencegah ketidakadilan dengan cara:
  • Menjadi pribadi yang adil dan bijaksana. Kita harus selalu bersikap adil dan tidak membeda-bedakan orang lain.
  • Mendukung gerakan-gerakan yang memperjuangkan keadilan. Kita bisa ikut serta dalam berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mewujudkan keadilan.
  • Menerapkan nilai-nilai keadilan dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa menjadi contoh bagi orang lain dengan bersikap adil dalam berbagai hal, seperti dalam hubungan dengan teman, keluarga, dan masyarakat.

Dengan melakukan tindakan-tindakan tersebut, kita bisa berkontribusi dalam mewujudkan masyarakat yang lebih adil dan sejahtera.

Komentar