Cara Menerapkan Sikap Kompetisi dalam Kebaikan di Kehidupan Sehari-Hari

Berlomba-lomba dalam kebaikan adalah perintah Allah SWT yang terkandung dalam Q.S. Al-Maidah ayat 48. Ayat tersebut memerintahkan kepada seluruh umat Islam untuk saling berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan, baik dalam hal ibadah, muamalah, maupun akhlak.

Untuk menerapkan sikap kompetisi dalam kebaikan di kehidupan sehari-hari, kita dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Mengawali dengan basmalah

Sebelum melakukan suatu kebaikan, kita dianjurkan untuk memulainya dengan membaca basmalah. Hal ini sebagai bentuk penyerahan diri kepada Allah SWT dan memohon pertolongan-Nya agar kita dapat melaksanakan kebaikan tersebut dengan baik.

2. Melakukan dengan penuh semangat

Dalam melakukan kebaikan, kita harus melakukannya dengan penuh semangat dan optimis. Sikap ini akan mendorong kita untuk berusaha maksimal dan menyelesaikan amal kebaikan tersebut dengan tuntas.

3. Menjaga konsistensi

Kualitas suatu kebaikan akan semakin meningkat apabila kita melakukannya secara konsisten. Oleh karena itu, kita harus menjaga konsistensi dalam melakukan kebaikan, baik dalam hal intensitas maupun kualitasnya.

4. Mempelajari ilmu yang terkait

Untuk meningkatkan kualitas kebaikan yang kita lakukan, kita perlu mempelajari ilmu yang terkait. Ilmu akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kebaikan yang kita lakukan, sehingga kita dapat melakukannya dengan lebih tepat dan bermanfaat.

5. Membiasakan bekerja sama

Kebaikan akan lebih bermanfaat jika dilakukan secara bersama-sama. Oleh karena itu, kita perlu membiasakan diri untuk bekerja sama dalam melakukan kebaikan. Kerja sama akan memperbanyak manfaat kebaikan yang kita lakukan dan mempererat tali silaturahmi antar sesama.

6. Mengamati, meniru, dan memodifikasi

Kita dapat belajar dari orang lain yang telah melakukan kebaikan. Kita dapat mengamati, meniru, dan memodifikasi kebaikan yang telah mereka lakukan agar menjadi lebih baik dan bermanfaat.

Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan sikap kompetisi dalam kebaikan di kehidupan sehari-hari:
  • Dalam ibadah, kita dapat berlomba-lomba dalam hal ketaatan kepada Allah SWT, seperti sholat tepat waktu, bersedekah, dan membaca Al-Qur'an.
  • Dalam muamalah, kita dapat berlomba-lomba dalam hal kejujuran, amanah, dan keadilan.
  • Dalam akhlak, kita dapat berlomba-lomba dalam hal berbuat baik kepada sesama, seperti menolong orang yang membutuhkan, menjaga kerukunan, dan menghindari perbuatan tercela.

Dengan menerapkan sikap kompetisi dalam kebaikan di kehidupan sehari-hari, kita akan menjadi pribadi yang lebih baik, bermanfaat bagi sesama, dan meraih kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat.

Komentar