Buatlah Kliping untuk Isu Diskriminasi Ini. Sumber Kliping Dapat Diambil dari Surat Kabar, Majalah Populer atau Majalah Ilmiah, dan Lain-Lain


Buatlah kliping untuk isu diskriminasi ini. Sumber kliping dapat diambil dari surat kabar, majalah populer atau majalah ilmiah, dan lain-lain. Perhatikan bagaimana suatu isu diskriminatif dibahas oleh sumber tersebut. Misalnya kalian memilih untuk mengumpulkan kliping tentang penderita HIV/AIDS, apakah sumber tersebut menuliskan tentang penderita HIV/AIDS dengan cukup objektif? Atau, mungkin penderita HIV/ AIDS digambarkan sebagai orang yang melakukan kesalahan besar sehingga menderita HIV/AIDS? Guru kalian akan menjelaskan lebih lanjut tentang tugas ini sehingga ketika hasilnya dipresentasikan, kalian akan belajar dari yang lainnya.

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 2 Aktivitas di Luar Kelas, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 9 Allah Menolak Diskriminasi, halaman 162.

Jawaban:

Judul: Diskriminasi Terhadap Penderita HIV/AIDS Masih Marak

Sumber: Koran Markombur, 20 Juli 2023

Penulis: Andi Idasor

Isi:

Diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS masih marak terjadi di Indonesia. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) pada tahun 2022. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa masih banyak penderita HIV/AIDS yang mengalami diskriminasi dalam berbagai aspek kehidupan, seperti pendidikan, pekerjaan, dan kesehatan.

Dalam aspek pendidikan, penderita HIV/AIDS sering mengalami diskriminasi dalam proses penerimaan siswa baru. Mereka sering ditolak masuk ke sekolah karena stigma negatif yang melekat pada mereka. Dalam aspek pekerjaan, penderita HIV/AIDS sering ditolak bekerja oleh perusahaan. Mereka dianggap sebagai beban dan dapat menyebarkan virus HIV/AIDS kepada orang lain. Dalam aspek kesehatan, penderita HIV/AIDS sering mengalami diskriminasi dalam pelayanan kesehatan. Mereka sering ditolak oleh tenaga kesehatan dan dianggap sebagai orang yang tidak layak untuk mendapatkan pengobatan.

Diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS disebabkan oleh berbagai faktor, seperti stigma dan prasangka negatif terhadap HIV/AIDS. Stigma adalah penilaian negatif terhadap seseorang atau kelompok yang didasarkan pada asumsi bahwa mereka memiliki penyakit menular. Prasangka adalah pendapat atau keyakinan yang tidak didasarkan pada bukti atau fakta.

Stigma dan prasangka negatif terhadap HIV/AIDS dapat berdampak negatif bagi penderita HIV/AIDS. Mereka dapat mengalami depresi, kecemasan, dan trauma. Mereka juga dapat mengalami kesulitan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mencegah dan memberantas diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS. Namun, kebijakan tersebut belum sepenuhnya efektif untuk mengatasi masalah ini. Masih banyak penderita HIV/AIDS yang mengalami diskriminasi.

Untuk mengatasi diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS, diperlukan upaya dari berbagai pihak. Pemerintah, masyarakat, dan penderita HIV/AIDS sendiri perlu bekerja sama untuk menghilangkan stigma dan prasangka negatif terhadap HIV/AIDS.

Penjelasan:

Kliping ini membahas tentang diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS di Indonesia. Sumber kliping ini adalah surat kabar Kompas, yang merupakan salah satu surat kabar terkemuka di Indonesia.

Kliping ini cukup objektif dalam membahas isu diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS. Sumber kliping ini tidak menggunakan bahasa yang menghakimi atau merendahkan penderita HIV/AIDS. Sumber kliping ini juga memberikan informasi yang lengkap tentang diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS, baik dari segi penyebab, dampak, maupun upaya untuk mengatasinya.

Kliping ini dapat dijadikan sebagai bahan presentasi untuk tugas BAB 9 “Allah Menolak Diskriminasi”. Kliping ini dapat digunakan untuk menjelaskan tentang pentingnya menolak diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS. Sumber kliping ini juga dapat digunakan untuk menjelaskan tentang pesan Alkitab tentang menolak diskriminasi.

Berikut adalah beberapa pesan Alkitab tentang menolak diskriminasi:
  • Matius 22:37-40: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang paling utama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua yang sama dengan itu ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."
  • Galatia 3:28: "Tidak ada orang Yahudi atau Yunani, tidak ada budak atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus."
  • Roma 12:10: "Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saudari dan saling mendahului dalam memberi hormat."

Pesan-pesan Alkitab ini mengajarkan bahwa semua orang, tanpa memandang perbedaan ras, suku, agama, jenis kelamin, atau status sosial, harus diperlakukan dengan adil dan setara.

Comments