Bila Mendengar Kata “diskriminasi”, Apa Saja yang Muncul dalam Benak Kalian?

Bila mendengar kata “diskriminasi”, apa saja yang muncul dalam benak kalian? Tuliskan sebanyak-banyaknya di buku catatan kalian!

Coba bandingkan jawaban kalian dengan yang lain, apakah kira-kira kalian cukup sependapat tentang arti “diskriminasi?” Tuliskan pengertian tentang “diskriminasi” yang sudah sama-sama kalian sepakati dan sampaikan di depan kelas. Tuliskan seperti contoh kalimat berikut ini.

Kami sepakat bahwa arti “diskriminasi” adalah ….............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................…........

Pertanyaan diatas adalah soal Apersepsi, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 9 Allah Menolak Diskriminasi, halaman 144.

Jawaban:

Apersepsi

Apabila saya mendengar kata “diskriminasi”, maka hal-hal berikut ini yang muncul dalam benak saya:
  • Perlakuan yang berbeda terhadap seseorang atau kelompok berdasarkan karakteristik tertentu, seperti ras, suku, agama, jenis kelamin, atau status sosial.
  • Perlakuan yang tidak adil atau tidak pantas.
  • Perlakuan yang merendahkan atau memiskinkan.
  • Perlakuan yang dapat menimbulkan kerugian atau penderitaan.

Setelah saya membandingkan jawaban saya dengan jawaban teman-teman yang lain, kami cukup sependapat tentang arti “diskriminasi”. Kami sepakat bahwa arti “diskriminasi” adalah:

Perlakuan yang berbeda terhadap seseorang atau kelompok berdasarkan karakteristik tertentu, yang dapat menimbulkan kerugian atau penderitaan.

Penjelasan:

Diskriminasi adalah perlakuan yang berbeda terhadap seseorang atau kelompok berdasarkan karakteristik tertentu, seperti ras, suku, agama, jenis kelamin, atau status sosial. Perlakuan ini dapat berupa tindakan, sikap, atau kebijakan.

Diskriminasi dapat menimbulkan kerugian atau penderitaan bagi seseorang atau kelompok yang menjadi korbannya. Kerugian atau penderitaan tersebut dapat berupa kerugian materi, kerugian immaterial, atau bahkan kerugian nyawa.

Berikut adalah beberapa contoh diskriminasi yang dapat menimbulkan kerugian atau penderitaan:
  • Seorang wanita ditolak bekerja di suatu perusahaan karena berhijab.
  • Sekelompok orang diusir dari kampungnya karena berbeda agama.
  • Seorang anak dipukuli oleh teman-temannya karena berkulit hitam.

Oleh karena itu, kita harus menghindari perilaku diskriminasi dan selalu bersikap adil terhadap semua orang.

Komentar