Bagi Manusia yang Menderita, Untuk Apa Allah Tetap Hadir? Berikan Bukti Bahwa Allah Tetap Hadir Ketika Manusia Mengalami Penderitaan

Setelah mengetahui kisah Joni dan Samuel, apa saja yang kalian pahami tentang kehadiran Allah saat manusia menderita? Tuliskan dengan menjawab dua pertanyaan di bawah ini:
1. Bagi manusia yang menderita, untuk apa Allah tetap hadir?
2. Berikan bukti bahwa Allah tetap hadir ketika manusia mengalami penderitaan!

Pertanyaan diatas adalah soal Refleksi 1 Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 2 Berjalan Besama Allah, halaman 24 dan 25.

Jawaban:

1. Bagi manusia yang menderita, untuk apa Allah tetap hadir?
Allah tetap hadir untuk memberikan penghiburan, kekuatan, dan harapan kepada manusia yang sedang menderita. Kehadiran-Nya tidak hanya sebagai penyembuh fisik, tetapi juga sebagai sumber kekuatan moral dan spiritual. Allah hadir untuk menguatkan iman manusia dan memberikan pemahaman bahwa setiap penderitaan memiliki tujuan yang lebih besar dalam rancangan-Nya.

2. Bukti bahwa Allah tetap hadir ketika manusia mengalami penderitaan:
a. Kisah Joni Eareckson Tada: Meskipun Joni mengalami kondisi tubuh yang sangat sulit akibat kecelakaan, kehadiran Allah terlihat dalam keberhasilan dan pelayanannya setelah mengalami penderitaan tersebut. Meskipun tidak sembuh secara fisik, kehidupannya menjadi saksi bahwa Allah memberikan kekuatan dan tujuan baru.

b. Kisah Samuel Irwan: Dalam pengalaman penderitaan yang sangat berat, Samuel mengalami kesembuhan yang ajaib yang di luar perkiraan tim medis. Kesembuhan ini menjadi bukti konkret bahwa Allah tetap hadir dan dapat mengubah situasi yang sangat sulit menjadi mukjizat kesembuhan.

c. Ayat Mazmur 51:19: Ayat ini mencerminkan pemahaman bahwa Tuhan tidak menghina hati yang hancur dan jiwa yang patah. Ini menunjukkan bahwa kehadiran Allah hadir untuk menghibur dan memulihkan jiwa yang hancur akibat penderitaan.

Dengan demikian, meskipun manusia mengalami penderitaan, kehadiran Allah hadir untuk memberikan makna, kekuatan, dan penghiburan yang lebih dalam.

Komentar