Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Penduduk Madinah Menyambut Kedatangan Nabi Muhammad

Bagaimana penduduk madinah menyambut kedatangan nabi muhammad

Jawaban:

Penduduk Madinah menyambut kedatangan Nabi Muhammad SAW dengan penuh sukacita dan antusias. Mereka menyambutnya dengan mengumandangkan shalawat dan salam, serta menyambutnya dengan penuh penghormatan.

Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun 1 Hijriah, atau bertepatan dengan tanggal 20 September 622 Masehi. Kedatangan Nabi Muhammad SAW disambut oleh penduduk Madinah yang telah lama menanti kedatangannya. Mereka telah mendengar tentang ajaran Nabi Muhammad SAW dan kemuliaan akhlaknya.

Saat Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah, beliau disambut oleh penduduk Madinah yang berkumpul di luar kota. Mereka menyambutnya dengan sukacita dan antusias. Mereka mengumandangkan shalawat dan salam, serta menyambutnya dengan penuh penghormatan.

Penduduk Madinah yang menyambut kedatangan Nabi Muhammad SAW terdiri dari dua kelompok, yaitu kaum Anshar dan kaum Muhajirin. Kaum Anshar adalah penduduk asli Madinah yang telah memeluk agama Islam. Sedangkan kaum Muhajirin adalah orang-orang yang hijrah dari Mekah ke Madinah untuk mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW.

Kaum Anshar menyambut kedatangan Nabi Muhammad SAW dengan penuh kegembiraan. Mereka menyambutnya dengan memberikan tempat tinggal, harta benda, dan makanan. Mereka juga membantu kaum Muhajirin untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan di Madinah.

Kedatangan Nabi Muhammad SAW di Madinah merupakan peristiwa yang sangat penting dalam sejarah Islam. Kedatangan beliau menandai dimulainya era baru dalam sejarah Islam, yaitu era Madinah.

Berikut adalah beberapa bentuk sambutan penduduk Madinah terhadap kedatangan Nabi Muhammad SAW:

1. Mengumandangkan shalawat dan salam
Penduduk Madinah menyambut kedatangan Nabi Muhammad SAW dengan mengumandangkan shalawat dan salam. Shalawat adalah doa yang dipanjatkan kepada Nabi Muhammad SAW. Sedangkan salam adalah ucapan selamat.

2. Menyambutnya dengan penuh penghormatan
Penduduk Madinah menyambut kedatangan Nabi Muhammad SAW dengan penuh penghormatan. Mereka menyambutnya dengan berdiri, serta mencium tangan dan kakinya.

3. Memberikan tempat tinggal, harta benda, dan makanan
Kaum Anshar menyambut kedatangan kaum Muhajirin dengan memberikan tempat tinggal, harta benda, dan makanan. Mereka membantu kaum Muhajirin untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan di Madinah.

Kedatangan Nabi Muhammad SAW di Madinah merupakan peristiwa yang sangat penting dalam sejarah Islam. Kedatangan beliau menandai dimulainya era baru dalam sejarah Islam, yaitu era Madinah.