Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asbabun Nuzul Surat Ali Imran Ayat 190-191 Singkat, Inti Beserta Penjelasannya



Berikut adalah Asbabun Nuzul surat Ali Imran ayat 190-191 secara singkat, inti dan penjelasannya:

Singkat:

Nabi Muhammad menangis terisak saat sholat malam karena ayat Al-Quran yang beliau baca, termasuk Surat Ali Imran ayat 190-191. Ayat tersebut berisi keagungan Allah dan hikmah penciptaan langit dan bumi yang membuat beliau sangat bersyukur dan terharu. Beliau menangis bukan karena dosa, tetapi karena khawatir orang-orang tidak tadabbur dan menghayati makna ayat-ayat tersebut.

Jadi, inti dari asbabun nuzul ini adalah:
  • Nabi menangis karena kagum dan bersyukur atas ayat Quran yang indah.
  • Nabi khawatir orang tidak merenungkan makna ayat tersebut.

Berikut adalah penjelasannya:

Nabi menangis karena kagum dan bersyukur atas ayat Quran yang indah.

Hal ini dapat dilihat dari pernyataan Nabi kepada Bilal, "Tidak pantaskah saya ini menjadi hamba Allah yang bersyukur, apalagi di malam ini Allah menurunkan ayat yang alangkah ruginya, jika dibaca ayat ini, namun tidak dihayati makna dan isi kandungannya." Pernyataan ini menunjukkan bahwa Nabi menangis karena kagum dan bersyukur atas keagungan Allah dan hikmah penciptaan langit dan bumi yang terkandung dalam ayat-ayat tersebut.

Nabi khawatir orang tidak merenungkan makna ayat tersebut.

Hal ini dapat dilihat dari pernyataan Nabi, "Alangkah ruginya, jika dibaca ayat ini, namun tidak dihayati makna dan isi kandungannya." Pernyataan ini menunjukkan bahwa Nabi khawatir jika orang hanya membaca ayat-ayat tersebut tanpa memahami makna dan isi kandungannya, maka mereka akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan manfaat dari ayat-ayat tersebut.