Apakah Kalian Menganggap Suatu Kebetulan Belaka Bahwa Kita Ditempatkan di Negara Indonesia dengan Kekayaan Alam yang Begitu Luar Biasa?

Apakah kalian menganggap suatu kebetulan belaka bahwa kita ditempatkan di negara Indonesia dengan kekayaan alam yang begitu luar biasa? Tentu hal ini bukan sekadar suatu kebetulan, melainkan hak istimewa untuk boleh menikmati berbagai keindahan alam yang memang tersedia melimpah di Indonesia. Namun, haruslah diingat bahwa hal istimewa ini juga menuntut tanggung jawab yang kita perlu lakukan dengan baik. Menurut kalian, apa saja wujud tanggung jawab yang perlu sama-sama kita laksanakan?

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 1 Aktivitas di Luar Kelas, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab XI Allah Menciptakan Alam dan Keindahannya, halaman 192.

Jawaban:

Pendapat saya adalah, bahwa kita tidak boleh menganggap suatu kebetulan belaka bahwa kita ditempatkan di negara Indonesia dengan kekayaan alam yang begitu luar biasa. Hal ini merupakan hak istimewa yang diberikan oleh Tuhan kepada kita.

Keindahan alam Indonesia merupakan salah satu bukti kebesaran dan keagungan Tuhan. Alam semesta diciptakan oleh Tuhan dengan begitu indah dan penuh keteraturan. Alam menyediakan segala sesuatu yang kita butuhkan untuk hidup, seperti udara, air, makanan, dan tempat tinggal.

Karena itu, kita berkewajiban untuk menjaga dan melestarikan keindahan alam Indonesia. Tanggung jawab ini tidak hanya dibebankan kepada pemerintah, tetapi juga kepada setiap warga negara Indonesia.

Berikut adalah beberapa wujud tanggung jawab yang perlu kita laksanakan untuk menjaga dan melestarikan keindahan alam Indonesia:
  • Menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini dapat kita lakukan dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak tanaman dan hewan, serta menjaga kebersihan air dan udara.
  • Menggunakan sumber daya alam secara bijak. Kita harus menggunakan sumber daya alam secara hemat dan bertanggung jawab, sehingga tidak terjadi kerusakan lingkungan.
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga alam. Kita dapat melakukan hal ini dengan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga alam, serta mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan-kegiatan pelestarian alam.

Sebagai contoh, ketika kita berkunjung ke Danau Toba, kita harus menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kita juga harus menggunakan sumber daya alam di Danau Toba secara bijak, misalnya dengan tidak mengambil ikan secara berlebihan. Selain itu, kita juga dapat ikut serta dalam kegiatan-kegiatan pelestarian alam di Danau Toba, misalnya dengan menanam pohon atau membersihkan sampah di sekitar Danau Toba.

Jika kita semua melaksanakan tanggung jawab kita masing-masing, maka kita dapat menjaga dan melestarikan keindahan alam Indonesia untuk generasi mendatang.

Komentar