Apakah di Gereja Kalian, Isu tentang Kesetaraan Gender dibahas?

Apakah di gereja kalian, isu tentang kesetaraan gender dibahas? Berapa kali dalam setahun, apa saja wujudnya (khotbah, pemahaman Alkitab, persekutuan doa, tema bulanan), untuk siapa (jemaat dewasa, pemuda, remaja, anak-anak). Semakin dini isu ini dibahas, semakin melekat pemahaman pendengar tentang pentingnya kesetaraan gender. Apa pesan utama yang diingat tentang isu ini? Tuliskan di buku catatan kalian dan sampaikan kepada guru pada kesempatan berikutnya.

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 1 Aktivitas di Luar Kelas, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 9 Allah Menolak Diskriminasi, halaman 162.

Jawaban:

Di gereja saya (sebutkan nama gerejanya), isu tentang kesetaraan gender dibahas secara rutin, setidaknya sekali dalam sebulan. Wujudnya bisa berupa khotbah, pemahaman Alkitab, persekutuan doa, atau tema bulanan. Pembahasan ini ditujukan untuk semua jemaat, mulai dari dewasa, pemuda, remaja, hingga anak-anak.

Pesan utama yang saya ingat tentang isu kesetaraan gender adalah bahwa laki-laki dan perempuan diciptakan sama oleh Allah. Mereka memiliki martabat dan hak yang sama. Oleh karena itu, mereka harus diperlakukan dengan adil dan setara, tanpa memandang gender.

Penjelasan:

Dalam Alkitab, kita dapat menemukan banyak ayat yang mendukung kesetaraan gender. Misalnya, dalam kitab Kejadian 1:27, Allah berfirman, “Allah menciptakan manusia menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya mereka; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.” Ayat ini menunjukkan bahwa laki-laki dan perempuan diciptakan dengan gambar dan rupa Allah. Artinya, mereka memiliki nilai dan martabat yang sama.

Dalam kitab Galatia 3:28, Paulus juga menulis, “Tidak ada orang Yahudi atau Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus.” Ayat ini menegaskan bahwa dalam Kristus, semua orang, tanpa memandang gender, memiliki status yang sama.

Pesan tentang kesetaraan gender ini penting untuk dibahas di gereja karena masih banyak masyarakat yang belum memahaminya. Masih ada diskriminasi terhadap perempuan, baik di dalam keluarga, masyarakat, maupun di gereja sendiri.

Oleh karena itu, penting bagi gereja untuk terus mengajarkan pesan kesetaraan gender. Dengan demikian, kita dapat membantu mewujudkan masyarakat yang adil dan setara bagi semua orang.

Berikut adalah beberapa contoh cara gereja dapat membahas isu kesetaraan gender:
  • Pada saat khotbah, pendeta dapat membahas ayat-ayat Alkitab yang mendukung kesetaraan gender.
  • Pada saat pemahaman Alkitab, jemaat dapat membahas tema-tema yang berkaitan dengan kesetaraan gender, misalnya peran perempuan dalam gereja dan masyarakat.
  • Pada saat persekutuan doa, jemaat dapat berdoa untuk kesetaraan gender dan penghapusan diskriminasi terhadap perempuan.
  • Pada saat tema bulanan, gereja dapat mengangkat tema kesetaraan gender.

Dengan membahas isu kesetaraan gender secara rutin, gereja dapat membantu mewujudkan masyarakat yang adil dan setara bagi semua orang, termasuk perempuan.

Komentar