Apa Itu Intimate Wedding? Konsep Pernikahan yang Intim dan Personal

Apa Itu Intimate Wedding?

Intimate wedding adalah konsep pernikahan yang lebih intim dan personal, dengan jumlah tamu undangan yang terbatas, biasanya hanya keluarga dan sahabat terdekat. Konsep ini semakin populer di kalangan pasangan muda saat ini, karena menawarkan sejumlah keuntungan, seperti:

Suasana yang lebih hangat dan akrab
Dengan jumlah tamu yang terbatas, setiap tamu undangan akan merasa lebih dekat dengan pasangan pengantin. Hal ini membuat suasana pernikahan menjadi lebih hangat dan akrab.

Lebih hemat
Karena jumlah tamu yang terbatas, biaya pernikahan juga akan lebih hemat. Hal ini karena biaya pernikahan biasanya dihitung berdasarkan jumlah tamu undangan.

Lebih fokus pada kualitas
Dengan jumlah tamu yang terbatas, pasangan pengantin dapat lebih fokus pada kualitas pernikahan, baik dari segi acara, dekorasi, maupun makanan.

Berikut adalah beberapa contoh intimate wedding:

Pernikahan di pantai
Pernikahan di pantai adalah salah satu pilihan yang populer untuk intimate wedding. Pantai menawarkan suasana yang romantis dan natural, yang cocok untuk pernikahan yang intim dan personal.

Pernikahan di taman
Pernikahan di taman juga merupakan pilihan yang populer untuk intimate wedding. Taman menawarkan suasana yang asri dan sejuk, yang cocok untuk pernikahan yang santai dan penuh keceriaan.

Pernikahan di rumah
Pernikahan di rumah juga bisa menjadi pilihan yang menarik untuk intimate wedding. Hal ini dapat menghemat biaya pernikahan, sekaligus memberikan kesan yang lebih personal.

Paket Intimate Wedding

Saat ini, banyak vendor pernikahan yang menawarkan paket intimate wedding. Paket ini biasanya sudah mencakup beberapa kebutuhan pernikahan, seperti:

Tempat pernikahan
Tempat pernikahan adalah salah satu elemen penting dalam intimate wedding. Tempat yang tepat dapat menciptakan suasana yang sesuai dengan konsep pernikahan.

Dekorasi pernikahan
Dekorasi adalah salah satu elemen penting dalam intimate wedding. Dekorasi yang tepat dapat menciptakan suasana yang hangat dan akrab, sesuai dengan konsep pernikahan.

Catering pernikahan
Catering pernikahan adalah salah satu elemen penting dalam intimate wedding. Makanan yang lezat dan berkualitas dapat membuat tamu undangan merasa nyaman dan senang.

MC dan hiburan
MC dan hiburan dapat membantu menghidupkan suasana pernikahan. Pilihlah MC dan hiburan yang sesuai dengan selera Anda dan tamu undangan.

Susunan Acara Intimate Wedding

Susunan acara intimate wedding biasanya lebih sederhana dibandingkan dengan resepsi pernikahan. Berikut adalah contoh susunan acara intimate wedding:

Penerimaan tamu
Pada bagian ini, tamu undangan akan disambut oleh pasangan pengantin dan keluarga.

Upacara pernikahan
Upacara pernikahan adalah bagian terpenting dalam pernikahan. Upacara ini bisa dilakukan secara agama atau sipil.

Kue pengantin
Kue pengantin adalah simbol cinta dan kebahagiaan. Kue pengantin biasanya dipotong dan dibagikan kepada tamu undangan.

Foto bersama
Foto bersama adalah kesempatan untuk mengabadikan momen pernikahan.

Resepsi
Resepsi adalah bagian akhir dari pernikahan. Resepsi biasanya diisi dengan makan malam, hiburan, dan tarian.

Biaya Intimate Wedding

Biaya intimate wedding bervariasi, tergantung pada lokasi pernikahan, jumlah tamu undangan, dan paket yang dipilih. Sebagai gambaran, biaya intimate wedding di Indonesia biasanya berkisar antara Rp50 juta hingga Rp100 juta.

Perbedaan Intimate Wedding dan Resepsi

Berikut adalah beberapa perbedaan antara intimate wedding dan resepsi:
  • Jumlah tamu undangan Intimate Wedding terbatas, biasanya hanya keluarga dan sahabat terdekat. Sedangkan Resepsi luas, bisa mencapai ratusan atau bahkan ribuan orang.
  • Suasana Intimate Wedding lebih hangat dan akrab. Sedangkan Resepsi lebih formal.
  • Intimate Wedding fokus pada kualitas, bukan kuantitas. Sedangkan Resepsi fokus kuantitas, bukan kualitas.
  • Biaya mengadakan Intimate Wedding lebih hemat. Sedangkan Resepsi mahal.

Dekorasi Intimate Wedding

Dekorasi adalah salah satu elemen penting dalam intimate wedding. Dekorasi yang tepat dapat menciptakan suasana yang hangat dan akrab, sesuai dengan konsep pernikahan. Berikut adalah beberapa tips memilih dekorasi intimate wedding:
  • Pilihlah dekorasi yang simple dan elegan. Intimate wedding adalah momen yang spesial, jadi pastikan dekorasi pernikahan Anda terlihat indah dan elegan.
  • Gunakan warna-warna yang hangat dan lembut. Warna-warna hangat dan lembut dapat menciptakan suasana yang nyaman dan akrab.
  • Tambahkan sentuhan personal. Anda bisa menambahkan sentuhan personal ke dalam dekorasi pernikahan Anda, seperti foto-foto Anda dan pasangan, atau kutipan-kutipan yang memiliki makna khusus bagi Anda.

Berikut adalah beberapa contoh dekorasi intimate wedding:
  • Dekorasi bunga. Bunga adalah dekorasi yang klasik dan elegan. Anda bisa menggunakan bunga segar atau bunga buatan untuk dekorasi pernikahan Anda.
  • Dekorasi tanaman. Tanaman dapat menciptakan suasana yang asri dan natural. Anda bisa menggunakan tanaman hidup atau tanaman buatan untuk dekorasi pernikahan Anda.
  • Dekorasi lilin. Lilin dapat menciptakan suasana yang romantis dan hangat. Anda bisa menggunakan lilin dalam berbagai bentuk dan ukuran untuk dekorasi pernikahan Anda.

Undangan Intimate Wedding

Undangan adalah salah satu hal penting yang perlu dipersiapkan untuk intimate wedding. Undangan yang menarik dapat membuat tamu undangan Anda merasa lebih istimewa. Berikut adalah beberapa tips membuat undangan intimate wedding:
  • Gunakan desain yang simple dan elegan. Desain undangan yang simple dan elegan akan membuat undangan Anda terlihat lebih berkelas.
  • Tambahkan sentuhan personal. Anda bisa menambahkan sentuhan personal ke dalam undangan pernikahan Anda, seperti foto Anda dan pasangan, atau kutipan-kutipan yang memiliki makna khusus bagi Anda.

Berikut adalah beberapa contoh undangan intimate wedding:
  • Undangan digital. Undangan digital adalah pilihan yang praktis dan hemat biaya. Anda bisa membuat undangan digital sendiri atau menggunakan jasa desain undangan digital.
  • Undangan cetak. Undangan cetak adalah pilihan yang klasik dan elegan. Anda bisa membuat undangan cetak sendiri atau menggunakan jasa percetakan.

Kesimpulan

Intimate wedding adalah konsep pernikahan yang semakin populer di kalangan pasangan muda saat ini. Konsep ini menawarkan sejumlah keuntungan, seperti suasana yang lebih hangat dan akrab, biaya yang lebih hemat, dan fokus pada kualitas.

Jika Anda tertarik untuk mengadakan intimate wedding, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, seperti:
  • Pilihlah lokasi dan waktu yang tepat. Lokasi yang tepat dapat menciptakan suasana yang sesuai dengan konsep pernikahan Anda. Waktu yang tepat juga dapat membantu Anda menghemat biaya, misalnya dengan memilih hari kerja atau musim hujan.
  • Buatlah daftar tamu undangan. Jumlah tamu undangan akan menentukan biaya pernikahan Anda.
  • Tentukan anggaran pernikahan. Anggaran yang jelas akan membantu Anda dalam menentukan pilihan-pilihan pernikahan.
  • Mulailah merencanakan pernikahan Anda dari jauh-jauh hari. Hal ini akan memberikan Anda cukup waktu untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.

Intimate wedding adalah kesempatan yang tepat untuk Anda dan pasangan untuk merayakan cinta Anda bersama orang-orang terkasih. Dengan perencanaan yang matang, Anda dapat menciptakan pernikahan yang intim, hangat, dan berkesan.

Komentar