Ada Tiga Topik yang dibahas di dalam Bab Ini: Setia, Adil, dan Kasih. Lakukanlah Aktivitas Bermain Peran dengan Memilih Salah Satu Topik ini

Bermain peran:
Ada tiga topik yang dibahas di dalam bab ini: setia, adil, dan kasih. Lakukanlah aktivitas bermain peran dengan memilih salah satu topik ini. Kalian dapat memainkan adegan tentang seseorang yang melanggar prinsip setia, adil, atau kasih. Kemudian, orang ini mendapatkan masukkan dari orang lain sehingga orang pertama menyadari kesalahannya. Aktivitas ini dijalankan dengan memenuhi ketentuan berikut.
a. Setiap anggota kelompok memiliki peran aktif, jadi bukan hanya sekadar muncul tanpa melakukan adegan atau mengucapkan kata-kata apa pun.
b. Silakan dirancang dulu bagaimana pembagian tugas dan percakapan yang dilakukan. Perhatikan agar keseluruhan aktivitas ini hanya memakan waktu paling lama 7 menit karena seluruh kelompok yang ada akan menampilkan hasil karya mereka pada pertemuan yang ditentukan oleh guru.

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 1 Aktivitas di Dalam Kelas, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 8 Prinsip Setia, Adil, dan Kasih, halaman 137-138.

Jawaban:

Topik: Setia

Adegan:
Tempat: Ruang kerja
Waktu: Sore hari

Karakter:
Adi: Seorang karyawan yang baru saja dipekerjakan
Budi: Atasan Adi

Dialog:

(Adi sedang bekerja di komputernya. Budi masuk ke ruangan.)

Budi: Adi, bisa ke sini sebentar?

Adi: Iya, Bos.

(Adi berdiri dan menghampiri Budi.)

Budi: Adi, aku baru saja mendapat laporan dari pelanggan. Mereka mengeluhkan bahwa kamu tidak menepati janji.

Adi: (terkejut) Maaf, Bos. Aku tidak bermaksud begitu.

Budi: Kamu janji akan mengirimkan barang mereka hari ini, tapi ternyata baru dikirim besok.

Adi: Aku tahu, Bos. Aku memang kewalahan dengan pekerjaanku. Aku harus mengerjakan beberapa proyek sekaligus.

Budi: Aku mengerti bahwa kamu kewalahan, tapi kamu harus tetap menepati janjimu. Pelanggan memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap kita.

Adi: Aku akan berusaha lebih baik lagi, Bos. Aku tidak ingin mengecewakan pelanggan lagi.

Budi: Aku harap begitu. Ke depannya, kamu harus lebih berhati-hati dalam membuat janji. Pastikan kamu bisa memenuhinya.

Adi: Terima kasih atas nasihatnya, Bos.

(Adi kembali ke mejanya. Dia memikirkan perkataan Budi. Dia menyadari bahwa dia telah melanggar prinsip setia. Dia berjanji akan lebih berhati-hati dan tidak mengecewakan pelanggan lagi.)

Penjelasan:

Dalam adegan ini, Adi melanggar prinsip setia dengan tidak menepati janjinya kepada pelanggan. Dia berjanji akan mengirimkan barang pelanggan hari ini, tapi ternyata baru dikirim besok. Hal ini membuat pelanggan kecewa.

Budi, sebagai atasan Adi, memberikan masukkan kepada Adi. Dia menjelaskan bahwa pelanggan memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap perusahaan. Oleh karena itu, Adi harus lebih berhati-hati dalam membuat janji. Pastikan dia bisa memenuhinya.

Adi menyadari kesalahannya. Dia berjanji akan lebih berhati-hati dan tidak mengecewakan pelanggan lagi.

Aktivitas ini mengajarkan kita tentang pentingnya prinsip setia. Kita harus menepati janji kita, apapun yang terjadi. Jika kita tidak bisa memenuhi janji kita, kita harus memberitahu orang yang bersangkutan terlebih dahulu.

Komentar