Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Uraikan yang Kalian Ketahui Mengenai Sejarah ditemukannya Benua Australia

Uraikan yang kalian ketahui mengenai sejarah ditemukannya benua australia

Jawaban:

Benua Australia merupakan benua terkecil di dunia yang terletak di bagian selatan Indonesia. Benua ini memiliki luas sekitar 8.945.000 km².

Sejarah ditemukannya benua Australia dimulai sejak abad ke-16. Pada tahun 1522, pelaut Portugis bernama Jorge de Menezes melihat daratan di pesisir utara Australia. Namun, dia tidak menyadari bahwa itu adalah sebuah benua baru.

Pada tahun 1606, pelaut Belanda bernama Willem Janszoon menjadi orang Eropa pertama yang menginjakkan kaki di Australia. Dia mendarat di Teluk Carpentaria, Queensland.

Pada tahun 1642, pelaut Belanda lainnya, Abel Tasman, berlayar di sekitar Australia dan menjadi orang Eropa pertama yang melihat pantai timur benua ini.

Pada tahun 1770, pelaut Inggris bernama James Cook berlayar ke Australia dan menjadi orang Eropa pertama yang menjelajahi seluruh pantai benua ini. Dia mendarat di Botany Bay, New South Wales.

Penemuan Cook ini menjadi peristiwa penting dalam sejarah Australia. Dia membuktikan bahwa Australia adalah sebuah benua yang terpisah dari Asia. Hal ini membuka jalan bagi Inggris untuk menjajah Australia.

Pada tahun 1788, Inggris mengirim kapal-kapal yang membawa para tahanan ke Australia. Para tahanan ini dipaksa untuk membangun koloni-koloni Inggris di Australia.

Koloni-koloni Inggris di Australia berkembang pesat dan akhirnya menjadi negara Australia. Australia merdeka dari Inggris pada tahun 1901.

Berikut adalah beberapa tokoh penting dalam sejarah ditemukannya benua Australia:
  • Jorge de Menezes (1522)
  • Willem Janszoon (1606)
  • Abel Tasman (1642)
  • James Cook (1770)

Penemuan benua Australia telah mengubah peta dunia. Benua ini menjadi tempat tinggal bagi jutaan orang dari berbagai belahan dunia.