Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Uraikan tentang Pasal dalam UUD 1945 yang Berkaitan dengan Sila Kedua Pancasila

Uraikan tentang pasal dalam UUD 1945 yang berkaitan dengan sila kedua pancasila

Jawaban:

Sila kedua Pancasila berbunyi "Kemanusiaan yang adil dan beradab". Sila ini mengandung nilai-nilai pengakuan terhadap persamaan derajat, persamaan hak, dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit, dan sebagainya. Nilai-nilai tersebut dijabarkan dalam beberapa pasal dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, antara lain:

Pasal 27
Pasal 27 UUD 1945 mengatur tentang hak dan kewajiban warga negara. Pasal ini menegaskan bahwa setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan pemerintahan. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara.

Pasal 28
Pasal 28 UUD 1945 mengatur tentang hak asasi manusia. Pasal ini menegaskan bahwa setiap orang berhak untuk hidup dan mempertahankan hidup dan kehidupannya. Setiap orang berhak untuk bebas dari penyiksaan atau perlakuan yang merendahkan derajat martabat manusia. Setiap orang berhak untuk bebas dari perbudakan dan kerja paksa. Setiap orang berhak untuk bebas dari perlakuan yang bersifat diskriminatif atas dasar apa pun.

Pasal 29
Pasal 29 UUD 1945 mengatur tentang kemerdekaan beragama. Pasal ini menegaskan bahwa setiap orang bebas memeluk agamanya masing-masing dan beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.

Pasal 30
Pasal 30 UUD 1945 mengatur tentang hak dan kewajiban warga negara dalam bidang pertahanan dan keamanan. Pasal ini menegaskan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

Pasal 31
Pasal 31 UUD 1945 mengatur tentang hak setiap warga negara atas pendidikan. Pasal ini menegaskan bahwa setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.

Pasal-pasal tersebut merupakan wujud dari komitmen negara untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab. Nilai-nilai tersebut harus diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Berikut adalah beberapa contoh penerapan nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab:
  • Menghormati hak asasi manusia orang lain
  • Tidak membeda-bedakan orang lain berdasarkan suku, agama, ras, dan antargolongan
  • Saling tolong-menolong dan saling menghormati antar sesama manusia
  • Menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan dan persamaan
  • Mengembangkan sikap toleransi dan saling menghargai antar umat beragama

Dengan menerapkan nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab, maka akan tercipta masyarakat yang damai, harmonis, dan berkeadilan.