Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Untuk Memperdalam Pemahaman Anda Mengenai Materi Hakikat dan Makna IPTEKS Bagi Manusia Kerjakanlah Tugas Berikut Ini!

Untuk memperdalam pemahaman anda mengenai materi Hakikat dan makna IPTEKS bagi manusia kerjakanlah tugas berikut ini!

Ilmu pengetahuan, teknologi dan sains sejak abad 15-an menjadi bidang yang focus dikembangkan oleh para ilmuwan. Tujuannya antara lain untuk menggali potensi dan pemanfaatan alam sekitar guna kelangsungan hidup umat manusia. Penggalian potensi alam sekitar oleh beberapa manusia yang kemudian dimanfaatkan untuk umatnya telah membawa perubahan. Banyak perubahan yang diakibatkan oleh perkembangan ipteks.

Berikan analisis kritis Anda tentang perkembangan IPTEKS dalam bidang sosial budaya serta dampak positif dan negatif yang ditimbulkannya!

Berikan contoh kasusnya dari dampak positif dan negatif!

Jawaban:

Analisis Kritis Perkembangan IPTEKS dalam Bidang Sosial Budaya

Perkembangan IPTEKS telah membawa perubahan yang signifikan dalam berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk bidang sosial budaya. Perubahan ini dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti cara berkomunikasi, interaksi sosial, gaya hidup, dan nilai-nilai budaya.

Dampak Positif

Secara umum, perkembangan IPTEKS di bidang sosial budaya memiliki dampak positif yang signifikan. Beberapa dampak positif tersebut antara lain:
  • Meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Perkembangan IPTEKS telah meningkatkan kualitas hidup masyarakat di berbagai aspek, seperti kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Misalnya, kemajuan teknologi di bidang kesehatan telah membantu meningkatkan angka harapan hidup dan menurunkan angka kematian. Kemajuan teknologi di bidang pendidikan telah memudahkan akses masyarakat terhadap pendidikan berkualitas. Kemajuan teknologi di bidang ekonomi telah menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  • Mempermudah komunikasi dan interaksi sosial. Perkembangan IPTEKS telah mempermudah komunikasi dan interaksi sosial antar manusia. Misalnya, dengan adanya telepon, internet, dan media sosial, masyarakat dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain dari berbagai belahan dunia dengan mudah dan cepat.
  • Mengembangkan kreativitas dan inovasi. Perkembangan IPTEKS telah mendorong kreativitas dan inovasi masyarakat. Misalnya, dengan adanya teknologi digital, masyarakat dapat menciptakan karya-karya baru yang inovatif, seperti aplikasi, game, dan karya seni.

Dampak Negatif

Selain dampak positif, perkembangan IPTEKS juga memiliki dampak negatif yang perlu diwaspadai. Beberapa dampak negatif tersebut antara lain:
  • Munculnya kesenjangan sosial. Perkembangan IPTEKS dapat menimbulkan kesenjangan sosial antara masyarakat yang mampu mengakses IPTEKS dengan masyarakat yang tidak mampu. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya diskriminasi dan ketidakadilan sosial.
  • Menimbulkan masalah sosial baru. Perkembangan IPTEKS dapat menimbulkan masalah sosial baru, seperti kejahatan cyber, cyberbullying, dan kecanduan internet.
  • Menimbulkan degradasi budaya. Perkembangan IPTEKS dapat menyebabkan degradasi budaya, yaitu hilangnya nilai-nilai budaya tradisional. Hal ini disebabkan oleh pengaruh budaya asing yang masuk melalui IPTEKS.

Contoh Kasus

Berikut adalah beberapa contoh kasus dampak positif dan negatif perkembangan IPTEKS dalam bidang sosial budaya:

Dampak Positif
  • Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan. Teknologi informasi dan komunikasi telah dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Misalnya, dengan adanya e-learning, siswa dapat belajar secara mandiri dan fleksibel.
  • Pemanfaatan teknologi untuk pengembangan budaya. Teknologi telah dimanfaatkan untuk mengembangkan budaya Indonesia, seperti melalui pembuatan film, video, dan aplikasi budaya.

Dampak Negatif
  • Penyebaran berita hoax dan ujaran kebencian melalui media sosial. Media sosial telah menjadi sarana penyebaran berita hoax dan ujaran kebencian yang dapat menimbulkan keresahan sosial.
  • Kecanduan internet. Kecanduan internet dapat menyebabkan gangguan psikologis, seperti depresi dan kecemasan.
  • Masuknya budaya asing yang merusak budaya lokal. Masuknya budaya asing melalui IPTEKS dapat merusak budaya lokal, seperti budaya konsumerisme dan hedonisme.

Kesimpulan

Perkembangan IPTEKS memiliki dampak yang signifikan dalam bidang sosial budaya. Dampak positif dan negatif IPTEKS perlu dikelola dengan baik agar dapat dimanfaatkan secara optimal dan meminimalkan dampak negatifnya.