Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terkait Teknologi dan Manusia, Bagaimana Nilai Penting Manusia dalam Pengembangan Bisnis dan Kemajuan Teknologi?

Terkait teknologi dan manusia, bagaimana nilai penting manusia dalam pengembangan bisnis dan kemajuan teknologi? Berikan analisa anda berdasarkan sumber https://swa.co.id/swa/my-article/teknologi-dalam-bisnis

Jawaban:

Nilai penting manusia dalam pengembangan bisnis dan kemajuan teknologi

Teknologi merupakan salah satu faktor penting dalam pengembangan bisnis. Teknologi membantu manusia meningkatkan efektivitas dan produktivitas bisnis, menciptakan nilai tambah, dan meningkatkan daya saing bisnis. Namun, teknologi bukanlah satu-satunya faktor penting dalam pengembangan bisnis. Manusia juga memiliki peran penting dalam pengembangan bisnis dan kemajuan teknologi.

Pertama, teknologi merupakan sarana untuk membantu manusia. Teknologi diciptakan, diinovasi, diterapkan, dan berada di bawah kendali manusia. Teknologi membantu manusia melakukan tugas-tugas yang sulit, berbahaya, atau membosankan. Teknologi juga membantu manusia untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan lebih efisien.

Kedua, manusia dengan segala unsur kemanusiaannya menentukan keberhasilan bisnis, termasuk sistem rantai pasokan. Rantai pasokan merupakan rangkaian tahapan yang memungkinkan interaksi antara orang-orang lebih daripada kumpulan teknologi dalam menciptakan nilai pelanggan. Untuk itu, optimasi rantai pasokan ini memerlukan hubungan dan kerjasama di kalangan manajemen dan karyawan atas dasar kepercayaan, keterampilan/keahlian tenaga kerja, human judgement, pengetahuan, dan pengalaman manusia.

Ketiga, konsep layanan pelanggan mempersyaratkan unsur-unsur kepemimpinan dan kerja tim, selain teknologi. Bahkan dengan mengabaikan unsur-unsur tersebut, perusahaan sulit memberi layanan pelanggan yang baik sekalipun menggunakan teknologi baru.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa nilai penting manusia dalam pengembangan bisnis dan kemajuan teknologi adalah sebagai berikut:
  • Manusia merupakan pencipta, inovator, dan pengguna teknologi.
  • Manusia menentukan keberhasilan bisnis, termasuk sistem rantai pasokan dan layanan pelanggan.
  • Manusia memberikan nilai tambah yang tidak dapat digantikan oleh teknologi, seperti kreativitas, inovasi, dan hubungan antarpersonal.

Oleh karena itu, manajemen perlu mengupayakan terjaganya keseimbangan antara fungsi teknologi dan manusia demi pertumbuhan dan kelangsungan hidup perusahaan.