Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TERDAPATNYA BENTUK PENILAIAN Alternatif yang Beragam, diantaranya adalah Catatan Sekolah dan Jurnal

Terdapatnya bentuk penilaian alternatif yang beragam, diantaranya adalah catatan sekolah dan jurnal. Keduanya merupakan catatan harian siswa yang berisi mengenai kemajuan maupun kendala yang dihadapi siswa. Uraikan perbedaan diantara keduanya, kemudian buatlan contoh dari catatan sekolah dan jurnal.

Jawaban:

Catatan sekolah dan jurnal merupakan dua bentuk penilaian alternatif yang dapat digunakan untuk menilai kemajuan maupun kendala yang dihadapi siswa. Keduanya memiliki kesamaan dalam hal bahwa keduanya merupakan catatan harian siswa yang berisi tentang kegiatan belajar mengajar. Namun, terdapat beberapa perbedaan mendasar antara catatan sekolah dan jurnal, yaitu:

Perbedaan dalam hal tujuan

Catatan sekolah bertujuan untuk memberikan informasi kepada guru dan orang tua tentang kemajuan belajar siswa. Informasi tersebut meliputi hasil belajar siswa, perilaku siswa, dan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Sementara itu, jurnal bertujuan untuk membantu siswa untuk merefleksikan pengalaman belajarnya. Melalui jurnal, siswa dapat menganalisis kekuatan dan kelemahannya dalam belajar, serta menentukan tujuan belajar selanjutnya.

Perbedaan dalam hal format

Catatan sekolah biasanya memiliki format yang lebih formal. Format tersebut biasanya telah ditentukan oleh sekolah atau guru. Catatan sekolah biasanya berisi tentang hal-hal berikut:
  • Tanggal
  • Mata pelajaran
  • Materi pelajaran
  • Hasil belajar siswa
  • Perilaku siswa
  • Partisipasi siswa

Sementara itu, jurnal memiliki format yang lebih fleksibel. Siswa dapat menentukan format jurnal yang sesuai dengan kebutuhannya. Jurnal biasanya berisi tentang hal-hal berikut:
  • Refleksi tentang pengalaman belajar
  • Kekuatan dan kelemahan siswa dalam belajar
  • Tujuan belajar selanjutnya

Perbedaan dalam hal frekuensi penulisan

Catatan sekolah biasanya ditulis setiap hari atau setiap minggu. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi yang akurat tentang kemajuan belajar siswa. Sementara itu, jurnal biasanya ditulis secara berkala, misalnya setiap bulan atau setiap semester. Hal ini bertujuan untuk memberikan siswa waktu yang cukup untuk merefleksikan pengalaman belajarnya.

Contoh catatan sekolah

Berikut adalah contoh catatan sekolah:

Tanggal: 20 Juli 2023
Mata Pelajaran: Matematika
Materi Pelajaran: Persamaan Linear
Hasil Belajar Siswa: Siswa dapat menyelesaikan soal persamaan linear dengan benar.
Perilaku Siswa: Siswa aktif dalam diskusi kelas.
Partisipasi Siswa: Siswa mengajukan pertanyaan saat ada materi yang kurang jelas.

Contoh jurnal

Berikut adalah contoh jurnal:

Hari: Rabu, 20 Juli 2023
Topik: Persamaan Linear

Saya merasa senang karena saya dapat menyelesaikan soal persamaan linear dengan benar hari ini. Saya juga merasa senang karena saya dapat aktif dalam diskusi kelas. Namun, saya masih merasa kesulitan dalam memahami konsep persamaan linear. Saya akan berusaha untuk memahami konsep tersebut dengan lebih baik lagi.

Dari contoh-contoh di atas, dapat dilihat bahwa catatan sekolah dan jurnal memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Catatan sekolah lebih berfokus pada memberikan informasi kepada guru dan orang tua tentang kemajuan belajar siswa, sementara jurnal lebih berfokus pada membantu siswa untuk merefleksikan pengalaman belajarnya.