Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Administrasi Publik Didefinisikan sebagai “Sistem dari Masukan, Proses, Keluaran, dan Umpan Balik"

Sistem administrasi publik didefinisikan sebagai “sistem dari masukan, proses, keluaran, dan umpan balik”. Pilihlah salah satu kegiatan pemerintah yang menggambarkan empat proses tersebut kemudian jelaskanlah. Uraikanlah apa yang dimaksud dengan desentralisasi. Jelaskan juga tujuannya. Jelaskan sisi positif dan negatif dari praktik desentralisasi.

Jawaban:

Masukan

Salah satu kegiatan pemerintah yang menggambarkan empat proses sistem administrasi publik adalah penyediaan layanan publik. Masukan dari kegiatan ini adalah kebutuhan masyarakat akan layanan publik, misalnya layanan pendidikan, kesehatan, transportasi, dan keamanan. Kebutuhan masyarakat ini dapat diperoleh melalui survei, wawancara, atau analisis data.

Proses

Proses dari kegiatan penyediaan layanan publik adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan, sasaran, dan strategi penyediaan layanan. Pelaksanaan dilakukan untuk mewujudkan tujuan dan sasaran yang telah direncanakan. Evaluasi dilakukan untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan layanan.

Keluaran

Keluaran dari kegiatan penyediaan layanan publik adalah layanan publik yang tersedia bagi masyarakat. Layanan publik ini dapat berupa barang, jasa, atau informasi.

Umpan Balik

Umpan balik dari kegiatan penyediaan layanan publik adalah masukan dari masyarakat. Masukan ini dapat berupa saran, kritik, atau keluhan. Masukan dari masyarakat ini digunakan untuk memperbaiki layanan publik agar lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

Desentralisasi

Desentralisasi adalah pelimpahan kewenangan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Tujuan desentralisasi adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan. Dengan desentralisasi, pemerintah daerah dapat lebih dekat dengan masyarakat dan lebih memahami kebutuhan masyarakat.

Sisi Positif Desentralisasi

Sisi positif desentralisasi adalah:
  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan. Dengan desentralisasi, pemerintah daerah dapat lebih langsung menangani permasalahan yang dihadapi masyarakat.
  • Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan. Dengan desentralisasi, masyarakat dapat lebih berperan dalam menentukan kebijakan dan pelaksanaan layanan publik.
  • Meningkatkan pemerataan pembangunan. Dengan desentralisasi, pemerintah daerah dapat lebih fokus pada pembangunan di daerahnya masing-masing.

Sisi Negatif Desentralisasi

Sisi negatif desentralisasi adalah:
  • Meningkatkan kesenjangan antardaerah. Jika pemerintah daerah tidak dikelola dengan baik, desentralisasi dapat meningkatkan kesenjangan antardaerah.
  • Meningkatkan korupsi. Jika tidak ada pengawasan yang ketat, desentralisasi dapat meningkatkan korupsi di daerah.
  • Mempersulit koordinasi antardaerah. Jika tidak ada koordinasi yang baik, desentralisasi dapat mempersulit koordinasi antardaerah.

Kesimpulan

Sistem administrasi publik adalah sistem yang terdiri dari masukan, proses, keluaran, dan umpan balik. Salah satu kegiatan pemerintah yang menggambarkan keempat proses tersebut adalah penyediaan layanan publik. Desentralisasi adalah pelimpahan kewenangan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Tujuan desentralisasi adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan. Desentralisasi memiliki sisi positif dan negatif yang perlu diperhatikan.