Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Salah Satu Tujuan Teori Administrasi Publik adalah untuk Menjernihkan Tipologi dan untuk Menyajikan Sesuatu yang Baru

Salah satu tujuan teori administrasi publik adalah untuk menjernihkan tipologi dan untuk menyajikan sesuatu yang baru. Namun pada praktiknya mengalami kendala untuk melakukan penjernihan tipologi tersebut. Uraikanlah kendalanya.

Jawaban:

Teori administrasi publik adalah sebuah cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana organisasi publik dikelola. Salah satu tujuan teori administrasi publik adalah untuk menjernihkan tipologi, yaitu untuk mengelompokkan teori-teori administrasi publik ke dalam kategori-kategori tertentu. Tujuan ini penting untuk dilakukan agar teori-teori administrasi publik dapat lebih mudah dipahami dan diterapkan.

Namun, pada praktiknya, penjernihan tipologi teori administrasi publik mengalami berbagai kendala. Kendala-kendala tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu kendala internal dan kendala eksternal.

Kendala internal

Kendala internal adalah kendala yang berasal dari dalam teori administrasi publik itu sendiri. Kendala-kendala ini antara lain:
  • Kompleksitas teori administrasi publik. Teori administrasi publik merupakan bidang ilmu yang kompleks, karena mencakup berbagai aspek, seperti organisasi, manajemen, kebijakan publik, dan hukum. Hal ini menyebabkan sulit untuk mengelompokkan teori-teori administrasi publik ke dalam kategori-kategori yang jelas dan tegas.
  • Keanekaragaman perspektif. Teori administrasi publik berkembang dari berbagai perspektif, seperti perspektif tradisional, perspektif neoklasik, perspektif postmodern, dan perspektif kritis. Keanekaragaman perspektif ini menyebabkan sulit untuk menemukan titik temu untuk mengelompokkan teori-teori administrasi publik.
  • Ketergantungan pada konteks. Teori administrasi publik sering kali bergantung pada konteks tertentu, seperti konteks negara, konteks budaya, dan konteks sejarah. Hal ini menyebabkan sulit untuk menerapkan teori-teori administrasi publik secara umum.

Kendala eksternal

Kendala eksternal adalah kendala yang berasal dari luar teori administrasi publik. Kendala-kendala ini antara lain:
  • Perkembangan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan, termasuk ilmu administrasi publik, terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Hal ini menyebabkan teori-teori administrasi publik yang sudah ada menjadi usang dan perlu diperbaharui.
  • Perubahan sosial dan politik. Perubahan sosial dan politik yang terjadi di masyarakat juga dapat mempengaruhi perkembangan teori administrasi publik. Hal ini menyebabkan teori-teori administrasi publik perlu disesuaikan dengan perubahan sosial dan politik yang terjadi.
  • Kurangnya dukungan dari praktisi. Teori administrasi publik sering kali dianggap terlalu abstrak dan tidak relevan dengan praktik administrasi publik. Hal ini menyebabkan praktisi administrasi publik kurang mendukung pengembangan teori administrasi publik.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penjernihan tipologi teori administrasi publik merupakan sebuah proses yang kompleks dan penuh tantangan. Kendala-kendala yang dihadapi dapat berasal dari dalam teori administrasi publik itu sendiri maupun dari luar teori administrasi publik.

Meskipun mengalami berbagai kendala, penjernihan tipologi teori administrasi publik tetaplah penting untuk dilakukan. Penjernihan tipologi ini dapat membantu untuk mempermudah pemahaman dan penerapan teori-teori administrasi publik.