Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesta Gotilon HKBP: Momen Syukur dan Pererat Tali Persaudaraan

Pesta Gotilon adalah salah satu acara tahunan yang diselenggarakan oleh Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP). Pesta ini biasanya diadakan pada minggu ke-21 setelah Tritunggal Mahakudus. Pesta Gotilon berasal dari bahasa Batak Toba, yaitu "gotilon" yang berarti "pesta sukacita".

Pesta Gotilon merupakan momen untuk umat HKBP berkumpul dan merayakan berkat dan penyertaan Tuhan dalam kehidupan mereka. Pesta ini juga menjadi sarana untuk mempererat tali persaudaraan antar umat HKBP.

Acara-acara dalam Pesta Gotilon

Pesta Gotilon biasanya diisi dengan berbagai acara, antara lain:

1. Ibadah syukur
Ibadah syukur merupakan acara inti dari Pesta Gotilon. Dalam ibadah ini, umat HKBP memuji dan memuliakan Tuhan atas berkat dan penyertaan-Nya. 

2. Pemberian ulos
Pemberian ulos merupakan tradisi yang dilakukan dalam budaya Batak. Dalam Pesta Gotilon, ulos diberikan kepada umat HKBP yang berusia 70 tahun ke atas. Ulos merupakan simbol penghormatan dan kasih sayang. 

3. Pengundian doorprize
Pengundian doorprize merupakan acara hiburan yang digemari oleh banyak umat HKBP. Doorprize yang diundi biasanya berupa barang-barang elektronik, peralatan rumah tangga, dan lain-lain. 

4. Pesta gondang
Pesta gondang merupakan acara musik yang menggunakan alat musik tradisional Batak, yaitu gondang. Pesta gondang biasanya diisi dengan tarian dan lagu-lagu Batak. 

Makna Pesta Gotilon

Pesta Gotilon memiliki makna yang mendalam bagi umat HKBP. Pesta ini merupakan wujud syukur umat HKBP atas berkat dan penyertaan Tuhan dalam kehidupan mereka. Pesta ini juga menjadi sarana untuk mempererat tali persaudaraan antar umat HKBP.

Pesta Gotilon merupakan salah satu tradisi yang masih dilestarikan oleh umat HKBP. Pesta ini menjadi momen yang dinantikan oleh umat HKBP untuk berkumpul dan merayakan sukacita bersama.