Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perusahaan yang Mampu Bertahan atau Menjadi Berkembang terlebih di Era Pandemi, tentunya Terdapat Beberapa Persyaratan yang Harus Dipenuhi

Perusahaan yang mampu bertahan atau menjadi berkembang terlebih di era pandemi, tentunya terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Menurut anda persyaratan apa saja yang perlu dimiliki pengusaha di lapangan? Buatlah contoh kasusnya

Jawaban:

Persyaratan yang perlu dimiliki pengusaha di lapangan agar perusahaannya mampu bertahan atau menjadi berkembang terlebih di era pandemi, antara lain:

1. Kemampuan beradaptasi
Kemampuan beradaptasi merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh setiap pengusaha. Era pandemi telah mengubah banyak hal, termasuk perilaku konsumen dan cara kerja perusahaan. Oleh karena itu, pengusaha harus mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan-perubahan tersebut.

Contoh kasus:

Sebuah perusahaan tekstil yang awalnya menjual produknya secara offline, harus beradaptasi dengan menjual produknya secara online. Hal ini dilakukan untuk tetap menjangkau konsumennya di tengah pandemi.

2. Kemampuan inovasi
Kemampuan inovasi juga menjadi kunci bagi perusahaan untuk bertahan dan berkembang di era pandemi. Inovasi dapat dilakukan dalam berbagai hal, mulai dari produk, layanan, hingga proses bisnis.

Contoh kasus:

Sebuah perusahaan restoran yang awalnya hanya menyajikan makanan dan minuman, mulai menawarkan layanan pesan antar makanan dan minuman. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin beraktivitas di rumah selama pandemi.

3. Kemampuan manajemen risiko
Kemampuan manajemen risiko juga penting dimiliki oleh pengusaha. Hal ini diperlukan untuk meminimalkan dampak negatif dari risiko yang mungkin terjadi, seperti risiko pandemi, resesi ekonomi, atau bencana alam.

Contoh kasus:

Sebuah perusahaan manufaktur memiliki cadangan bahan baku dan dana yang cukup untuk bertahan selama beberapa bulan jika terjadi pandemi. Hal ini dilakukan untuk memastikan perusahaan tetap dapat beroperasi dan memenuhi kebutuhan pelanggannya.

4. Kualitas sumber daya manusia
Kualitas sumber daya manusia (SDM) juga merupakan faktor penting yang dapat menentukan keberhasilan perusahaan. Pengusaha harus memiliki SDM yang kompeten dan berdedikasi untuk menjalankan perusahaan.

Contoh kasus:

Sebuah perusahaan teknologi memiliki program pelatihan dan pengembangan SDM yang berkelanjutan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan SDM perusahaan sehingga dapat terus memberikan layanan yang terbaik kepada pelanggan.

Selain persyaratan-persyaratan di atas, pengusaha juga perlu memiliki visi dan misi yang jelas, serta strategi bisnis yang tepat.

Dengan memiliki persyaratan-persyaratan tersebut, pengusaha dapat meningkatkan peluang perusahaannya untuk bertahan dan berkembang di era pandemi.