Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MODERNISASI MENGANDUNG UNSUR: 1) perubahan yang bergerak maju secara linier, 2) adanya pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan, 3) didukung dengan adanya perkembangan teknologi di berbagai kehidupan manusia, serta 4) mempengaruhi pola pikir dan perilaku manusia yang berusaha mengejar kehidupan yang lebih maju dan modern

Modernisasi mengandung unsur: 1) perubahan yang bergerak maju secara linier, 2) adanya pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan, 3) didukung dengan adanya perkembangan teknologi di berbagai kehidupan manusia, serta 4) mempengaruhi pola pikir dan perilaku manusia yang berusaha mengejar kehidupan yang lebih maju dan modern.

Mengacu pada unsur-unsur modernisasi tersebut, menurut Anda apakah masih masyarakat di Indonesia yang belum dapat dikatakan sebagai masyarakat modern?

Jelaskan pendapat dan berikan argumen yang lengkap.

Jawaban:

Ya, masih ada masyarakat di Indonesia yang belum dapat dikatakan sebagai masyarakat modern.

Argumen:

Berdasarkan unsur-unsur modernisasi yang disebutkan, masih ada masyarakat di Indonesia yang belum memenuhi unsur-unsur tersebut.

Pertama, perubahan yang bergerak maju secara linier. Dalam konteks Indonesia, modernisasi tidak selalu bergerak maju secara linier. Masih ada masyarakat di Indonesia yang mengalami regress atau kemunduran, misalnya dalam hal pola pikir dan perilaku masyarakat yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai tradisional.

Kedua, adanya pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan. Masih ada masyarakat di Indonesia yang belum memiliki akses terhadap pendidikan dan informasi yang memadai. Hal ini menyebabkan mereka tidak dapat memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Ketiga, didukung dengan adanya perkembangan teknologi di berbagai kehidupan manusia. Masih ada masyarakat di Indonesia yang hidup dalam kondisi ekonomi yang sulit. Hal ini menyebabkan mereka tidak dapat mengakses teknologi yang dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Keempat, mempengaruhi pola pikir dan perilaku manusia yang berusaha mengejar kehidupan yang lebih maju dan modern. Masih ada masyarakat di Indonesia yang masih terikat dengan tradisi dan adat istiadat yang membatasi mereka untuk mengejar kehidupan yang lebih maju dan modern.

Berikut adalah beberapa contoh masyarakat di Indonesia yang belum dapat dikatakan sebagai masyarakat modern:
  • Masyarakat adat yang masih hidup dalam keterisolasian. Masyarakat adat ini masih memegang teguh nilai-nilai tradisional dan belum tersentuh oleh modernisasi.
  • Masyarakat di daerah terpencil yang masih memiliki akses yang terbatas terhadap pendidikan dan informasi. Masyarakat ini sulit untuk mengikuti perkembangan zaman dan memiliki pola pikir yang masih tradisional.
  • Masyarakat miskin yang hidup dalam kondisi ekonomi yang sulit. Masyarakat ini tidak memiliki akses yang memadai terhadap teknologi dan sulit untuk mengejar kehidupan yang lebih baik.

Kesimpulan:

Modernisasi merupakan proses yang kompleks dan membutuhkan waktu yang lama. Masih ada masyarakat di Indonesia yang belum dapat dikatakan sebagai masyarakat modern, karena mereka belum memenuhi unsur-unsur modernisasi. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti faktor geografis, ekonomi, dan sosial budaya.