Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan elemen-elemen pengendalian internal

Jelaskan elemen-elemen pengendalian internal

Jawaban:

Pengendalian internal adalah suatu proses yang dirancang, diterapkan, dan dipelihara oleh suatu entitas untuk memberikan keyakinan yang memadai atas pencapaian tujuannya, yaitu:
  • Efektivitas dan efisiensi operasi
  • Keandalan pelaporan keuangan
  • Kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku

Pengendalian internal terdiri dari lima elemen, yaitu:

1. Lingkungan pengendalian
Lingkungan pengendalian merupakan elemen dasar dari pengendalian internal. Elemen ini mencakup sikap, perilaku, dan tindakan para eksekutif, dewan direksi, dan karyawan dalam organisasi. Lingkungan pengendalian yang baik akan mendorong karyawan untuk mematuhi kebijakan dan prosedur yang berlaku, serta bersikap jujur dan bertanggung jawab.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi lingkungan pengendalian, antara lain:
  • Integritas dan nilai etika dari para eksekutif dan dewan direksi
  • Komitmen terhadap kompetensi
  • Struktur organisasi yang jelas dan efektif
  • Praktik penugasan yang tepat
  • Kebijakan dan prosedur yang memadai
  • Pengawasan yang efektif

2. Penilaian risiko
Penilaian risiko adalah proses identifikasi, analisis, dan evaluasi risiko yang dapat mempengaruhi pencapaian tujuan organisasi. Risiko dapat berasal dari berbagai sumber, baik internal maupun eksternal.

Risiko yang telah diidentifikasi dan dianalisis harus dievaluasi untuk menentukan tingkat signifikansinya. Risiko yang signifikan harus dikelola dengan pengendalian yang tepat.

3. Aktivitas pengendalian
Aktivitas pengendalian adalah kebijakan dan prosedur yang dirancang untuk mengurangi risiko yang telah diidentifikasi. Aktivitas pengendalian dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu:
  • Aktivitas pengendalian umum: aktivitas pengendalian yang diterapkan secara umum di seluruh organisasi, seperti kebijakan dan prosedur untuk menjaga aset, memproses informasi, dan melaporkan informasi.
  • Aktivitas pengendalian khusus: aktivitas pengendalian yang diterapkan pada transaksi atau proses tertentu, seperti otorisasi, verifikasi, dan rekonsiliasi.

4. Pemantauan
Pemantauan adalah proses yang dilakukan secara terus-menerus untuk memastikan bahwa pengendalian internal tetap efektif. Pemantauan dapat dilakukan secara internal atau eksternal.

Pemantauan internal dapat dilakukan oleh manajemen, auditor internal, atau komite audit. Pemantauan eksternal dapat dilakukan oleh auditor independen.

5. Informasi dan komunikasi
Informasi dan komunikasi adalah elemen penting dari pengendalian internal. Informasi yang akurat dan tepat waktu harus tersedia bagi pihak yang membutuhkan untuk membuat keputusan yang tepat.

Informasi harus dikomunikasikan secara efektif kepada seluruh karyawan sehingga mereka memahami peran dan tanggung jawabnya dalam pengendalian internal.

Kelima elemen pengendalian internal tersebut saling berkaitan dan saling melengkapi. Elemen-elemen tersebut harus dirancang dan diterapkan secara efektif agar dapat memberikan keyakinan yang memadai atas pencapaian tujuan organisasi.