Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan 2 Macam Proses Pencernaan pada Manusia

Jelaskan 2 macam proses pencernaan pada manusia

Jawaban:

Proses pencernaan pada manusia terbagi menjadi dua macam, yaitu pencernaan secara mekanik dan pencernaan secara kimiawi.

Pencernaan secara mekanik adalah proses perubahan makanan dari ukuran besar menjadi ukuran kecil dengan menggunakan alat-alat pencernaan. Alat-alat pencernaan yang berperan dalam proses pencernaan secara mekanik adalah gigi, lidah, dan otot-otot pencernaan.

Gigi berfungsi untuk mengunyah makanan menjadi potongan-potongan kecil. Lidah berfungsi untuk membantu mengunyah dan mencampur makanan dengan air liur. Otot-otot pencernaan berfungsi untuk menggerakkan makanan dari satu organ ke organ lainnya.

Pencernaan secara kimiawi adalah proses perubahan makanan dari zat yang kompleks menjadi zat yang lebih sederhana dengan menggunakan enzim. Enzim adalah zat yang dihasilkan oleh organ pencernaan, seperti kelenjar ludah, lambung, pankreas, dan usus halus.

Enzim-enzim yang berperan dalam pencernaan makanan antara lain:
  • Amilase, berfungsi untuk mengubah zat tepung menjadi gula sederhana.
  • Pepsin, berfungsi untuk mengubah protein menjadi pepton.
  • Tripsin, berfungsi untuk mengubah pepton menjadi asam amino.
  • Lipase, berfungsi untuk mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.

Proses pencernaan secara kimiawi terjadi di seluruh organ pencernaan, mulai dari mulut hingga usus halus.

Kedua proses pencernaan tersebut saling berkaitan dan saling melengkapi. Pencernaan secara mekanik membantu pencernaan secara kimiawi dengan memecah makanan menjadi ukuran yang lebih kecil sehingga enzim-enzim lebih mudah bekerja.

Proses pencernaan makanan ini penting untuk tubuh karena berfungsi untuk menghasilkan energi, membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh, serta membuang zat-zat sisa metabolisme.