Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JAWABAN! Sifat Pendidikan yang Paling Sesuai dengan Bangsa Kita Menurut Ki Hadjar Dewantara

Sifat pendidikan yang paling sesuai dengan bangsa kita menurut Ki Hadjar Dewantara adalah...
A. Humanis, Oportunis, Kerakyatan
B. Humanis, Kerakyatan dan Praktis
C. Humanis, Kerakyatan, dan Kebangsaan
D. Humanis, Kebangsaan dan Intelektualistis

Jawaban: (C) Humanis, Kerakyatan, dan Kebangsaan

Penjelasan:

Ki Hadjar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional Indonesia, memiliki pemikiran yang sangat luas dan mendalam tentang pendidikan. Ia percaya bahwa pendidikan haruslah bersifat humanis, kerakyatan, dan kebangsaan.

Humanis artinya pendidikan harus berpusat pada manusia, baik sebagai individu maupun sebagai makhluk sosial. Pendidikan harus mengembangkan potensi manusia secara utuh, baik aspek fisik, intelektual, emosional, maupun spiritual.

Kerakyatan artinya pendidikan harus bersifat demokratis dan inklusif. Setiap orang, tanpa memandang latar belakang, status sosial, atau kemampuan, memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan berkualitas.

Kebangsaan artinya pendidikan harus berorientasi pada pembentukan karakter bangsa yang berbudi pekerti luhur, cinta tanah air, dan berwawasan kebangsaan.

Ketiga sifat pendidikan ini sangat sesuai dengan bangsa Indonesia. Sebagai bangsa yang majemuk, Indonesia membutuhkan pendidikan yang dapat mempersatukan dan mengembangkan potensi seluruh warganya. Pendidikan yang humanis dapat membantu setiap orang untuk mengembangkan potensinya secara optimal. Pendidikan yang kerakyatan dapat menciptakan kesetaraan dan keadilan dalam pendidikan. Pendidikan yang kebangsaan dapat membentuk karakter bangsa yang kuat dan bersatu.