Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JAWABAN! PT. XYZ adalah sebuah perusahaan besar yang bergerak di bidang produksi dan penjualan elektronik. Perusahaan tersebut ingin menjalin kerjasama dengan perusahaan saudaranya di Jepang, yaitu PT. ABC. Anda adalah seorang staf dari PT. XYZ yang ditugaskan untuk mengirimkan surat permintaan kerjasama kepada PT. ABC. buatlah surat permintaan kerjasama yang tepat berdasarkan prinsip-prinsip korespondensi bisnis

Surat permintaan kerjasama adalah surat yang dikirimkan oleh suatu perusahaan kepada perusahaan lain untuk mengajukan kerjasama. Surat ini biasanya digunakan untuk menjalin kerjasama dalam berbagai bidang, seperti produksi, penjualan, pemasaran, dan pengembangan produk.

Untuk membuat surat permintaan kerjasama yang efektif, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Tentukan tujuan kerjasama
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan tujuan kerjasama yang Anda inginkan. Tujuan ini akan menjadi dasar untuk menentukan bentuk kerjasama yang akan Anda tawarkan.

2. Lakukan riset
Sebelum menghubungi perusahaan yang ingin Anda ajak kerjasama, lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui informasi tentang perusahaan tersebut. Informasi ini akan membantu Anda untuk menulis surat yang lebih tepat sasaran.

3. Buat surat yang menarik
Surat yang menarik akan lebih mudah untuk dibaca dan dipertimbangkan. Gunakan bahasa yang sopan dan profesional, serta susun surat dengan format yang rapi.

Contoh kasus:

PT. XYZ adalah sebuah perusahaan besar yang bergerak di bidang produksi dan penjualan elektronik. Perusahaan tersebut ingin menjalin kerjasama dengan perusahaan saudaranya di Jepang, yaitu PT. ABC. Anda adalah seorang staf dari PT. XYZ yang ditugaskan untuk mengirimkan surat permintaan kerjasama kepada PT. ABC. Buatlah surat permintaan kerjasama yang tepat berdasarkan prinsip-prinsip korespondensi bisnis.

Berikut jawabannya.

Berikut adalah surat permintaan kerjasama yang tepat berdasarkan prinsip-prinsip korespondensi bisnis:

PT. XYZ
Jalan Raya Jakarta-Bandung KM 100
Bandung 12345
Telp. (022) 12345678
Fax. (022) 98765432

PT. ABC
1-2-3-4 Ginza, Tokyo
Tokyo 54321 Jepang
Telp. +81-3-1234-5678
Fax. +81-3-9876-5432

Bandung, 1 November 2023

Nomor: 001/XYZ/2023

Perihal: Permintaan Kerjasama

Yth.

Direktur Utama PT. ABC

Dengan hormat,

Perkenalkan, saya Rundut Hasonangan, staf dari PT. XYZ, sebuah perusahaan besar yang bergerak di bidang produksi dan penjualan elektronik.

Kami ingin mengajukan permintaan kerjasama kepada PT. ABC, perusahaan saudara kami yang berlokasi di Jepang. Kerjasama ini kami harapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi bisnis kami, serta menciptakan peluang baru untuk pengembangan bisnis di kedua belah pihak.

Adapun bentuk kerjasama yang kami tawarkan adalah sebagai berikut:
  • Pembagian pasar: PT. XYZ akan memasarkan produk-produk PT. ABC di Indonesia, sedangkan PT. ABC akan memasarkan produk-produk PT. XYZ di Jepang.
  • Pengembangan produk: PT. XYZ dan PT. ABC akan bekerja sama untuk mengembangkan produk-produk baru yang sesuai dengan kebutuhan pasar di kedua negara.
  • Pembelajaran dan pengembangan: PT. XYZ dan PT. ABC akan saling berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk meningkatkan kompetensi masing-masing perusahaan.

Kami berharap PT. ABC dapat mempertimbangkan permintaan kerjasama ini. Untuk informasi lebih lanjut, kami siap untuk melakukan pertemuan atau diskusi.

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Rundut Hasonangan
Staf PT. XYZ

Surat permintaan kerjasama ini memenuhi prinsip-prinsip korespondensi bisnis, yaitu:
  • Kelengkapan: Surat ini memuat semua informasi yang diperlukan, yaitu alamat, nomor telepon, dan fax dari kedua perusahaan, tanggal surat, nomor surat, perihal, salam pembuka, isi surat, salam penutup, dan tanda tangan.
  • Ketepatan: Surat ini ditulis dengan bahasa yang tepat dan sopan.
  • Kejelasan: Surat ini memuat informasi yang jelas dan mudah dipahami.
  • Kesederhanaan: Surat ini ditulis dengan gaya bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti.
Selain itu, surat ini juga memuat informasi yang penting, yaitu:
  • Identitas perusahaan yang mengajukan permintaan kerjasama
  • Bentuk kerjasama yang ditawarkan
  • Manfaat kerjasama bagi kedua perusahaan
Dengan informasi yang lengkap dan jelas, surat permintaan kerjasama ini diharapkan dapat diterima dan dipertimbangkan oleh PT. ABC.