JAWABAN! Mewabahnya Covid-19 di Indonesia Mendorong Pemerintah Pusat dan Daerah Untuk Mengeluarkan Kebijakan-Kebijakan Baru


Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal dalam kehidupan kita, termasuk pendidikan. Pembelajaran tatap muka di sekolah dihentikan sementara dan digantikan dengan pembelajaran di rumah. Hal ini tentu menimbulkan tantangan tersendiri bagi siswa, guru, dan orang tua.

Salah satu solusi untuk mengatasi tantangan tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran terpadu. Pembelajaran terpadu adalah pembelajaran yang menggabungkan dua atau lebih mata pelajaran yang saling terkait untuk membentuk suatu topik atau tema yang utuh.

Pembelajaran terpadu memiliki beberapa kelebihan, antara lain:
  • Meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran karena disajikan secara holistik
  • Meningkatkan motivasi belajar siswa karena pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna
  • Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa
  • Meningkatkan kerja sama dan keterampilan sosial siswa

Soal:
Mewabahnya Covid-19 di Indonesia mendorong pemerintah pusat dan daerah untuk mengeluarkan kebijakan-kebijakan baru, salah satunya menghentikan sementara pembelajaran tatap muka di sekolah dan mengalihkannya dengan Learning from home (Pembelajaran di rumah). Rancanglah Satuan Pembelajaran Terpadu dengan memilih salah satu subtema, jabarkan melalui kegiatan pembelajaran serta evaluasi (penilaian) yang mampu dilaksanakan secara mandiri oleh siswa (kolaborasi dengan orang tua). Pertimbangkan Satuan Pembelajaran Terpadu tersebut dengan mengadakan variasi dalam penggunaan media sebagai bagian integral dalam pembelajaran.

Jawaban:

Untuk menerapkan pembelajaran terpadu di rumah, guru dapat memilih salah satu subtema yang sesuai dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari. Berikut adalah contoh satuan pembelajaran terpadu untuk kelas 4 SD dengan subtema "Keberagaman Budaya Indonesia":

Tujuan Pembelajaran:
  • Siswa dapat memahami keragaman budaya Indonesia
  • Siswa dapat menghargai keragaman budaya Indonesia

Kegiatan Pembelajaran:

1. Apersepsi: Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang keragaman budaya Indonesia. Siswa diminta menyebutkan beberapa contoh keragaman budaya Indonesia, seperti pakaian adat, makanan khas, kesenian, dan bahasa.

2. Kegiatan Inti:
  • Siswa melakukan kegiatan menonton video tentang keragaman budaya Indonesia.
  • Siswa membaca teks tentang keragaman budaya Indonesia.
  • Siswa mengerjakan tugas berupa peta pikiran tentang keragaman budaya Indonesia.

3. Penutup: Guru mengajak siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran.

Evaluasi:
  • Penilaian proses: Guru mengamati aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung.
  • Penilaian hasil: Siswa diminta untuk mempresentasikan hasil tugas peta pikirannya di depan kelas.

Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, guru dapat menggunakan berbagai media, seperti video, teks, dan gambar. Penggunaan media yang beragam akan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif.

Berikut adalah beberapa tips untuk menerapkan pembelajaran terpadu di rumah:
  • Kolaborasi dengan orang tua: Orang tua dapat berperan penting dalam membantu siswa belajar di rumah. Guru dapat memberikan informasi dan tugas kepada orang tua agar mereka dapat mendampingi siswa belajar.
  • Fleksibilitas: Guru perlu memberikan fleksibilitas kepada siswa dalam belajar di rumah. Guru perlu memahami bahwa siswa memiliki kondisi dan kebutuhan yang berbeda-beda.
  • Komunikasi: Guru perlu berkomunikasi secara rutin dengan siswa dan orang tua untuk memantau perkembangan belajar siswa.

Pembelajaran terpadu merupakan salah satu solusi yang efektif untuk mengatasi tantangan pembelajaran di rumah di masa pandemi. Dengan menerapkan pembelajaran terpadu, siswa dapat tetap belajar dengan optimal dan mencapai tujuan pembelajaran.

Comments

Post a Comment