Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JAWABAN! Menurut Ki Hadjar Dewantara, ... merupakan cara menyampaikan ilmu atau manfaat bagi hidup anak-anak secara lahir maupun batin

Menurut Ki Hadjar Dewantara, ... merupakan cara menyampaikan ilmu atau manfaat bagi hidup anak-anak secara lahir maupun batin.
A. Menuntun
B. Tuntunan
C. Pendidikan
D. Pengajaran

Jawaban: A. Menuntun

Penjelasan:

Menurut Ki Hadjar Dewantara, pendidikan adalah "usaha untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti (kekuatan batin dan karakter), pikiran, serta tubuh anak". Dalam hal ini, pendidikan tidak hanya sekadar menyampaikan ilmu pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga membentuk karakter dan kepribadian anak.

Menurut Ki Hadjar Dewantara, proses pendidikan harus dilakukan dengan cara "menuntun". Kata "menuntun" dalam konteks ini berarti membimbing, mengarahkan, dan memberi contoh kepada anak. Dengan cara ini, anak akan lebih mudah memahami dan menyerap ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diberikan.

Pada pilihan jawaban di atas, hanya pilihan A, yaitu "menuntun" yang sesuai dengan definisi pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara. Pilihan B, "tuntunan", merupakan kata benda dari kata "menuntun". Pilihan C, "pendidikan", merupakan kata abstrak yang tidak menjelaskan secara spesifik cara menyampaikan ilmu atau manfaat bagi hidup anak-anak secara lahir maupun batin. Pilihan D, "pengajaran", merupakan bagian dari pendidikan, tetapi tidak mencakup keseluruhan proses pendidikan.