Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JAWABAN! Menurut Anda Apakah Ada Hubungan antara Mahal dan Murahnya Suatu Barang dengan Kegiatan Distribusi

Menurut anda apakah ada hubungan antara mahal dan murahnya suatu barang dengan kegiatan distribusi. Jelaskan!

Jawaban:

Ya, ada hubungan antara mahal dan murahnya suatu barang dengan kegiatan distribusi. Hal ini karena kegiatan distribusi melibatkan berbagai biaya, yang kemudian akan menambah harga barang tersebut.

Kegiatan distribusi meliputi kegiatan pengangkutan, penyimpanan, dan pemasaran. Setiap kegiatan ini akan menimbulkan biaya, seperti biaya bahan bakar, biaya sewa gudang, biaya tenaga kerja, dan biaya promosi. Biaya-biaya ini kemudian akan dibebankan kepada konsumen dalam bentuk harga barang.

Semakin panjang jalur distribusi suatu barang, maka semakin banyak biaya yang harus dikeluarkan. Hal ini karena setiap tahapan distribusi akan menimbulkan biaya tambahan. Misalnya, untuk barang yang diproduksi di luar negeri, maka biaya distribusinya akan lebih tinggi karena harus melalui berbagai tahapan, seperti pengangkutan laut, pengangkutan darat, dan penyimpanan di gudang.

Selain itu, kondisi geografis juga dapat mempengaruhi biaya distribusi. Misalnya, untuk barang yang didistribusikan ke daerah yang sulit dijangkau, maka biaya distribusinya akan lebih tinggi. Hal ini karena membutuhkan biaya transportasi yang lebih mahal.

Berikut adalah beberapa contoh hubungan antara mahal dan murahnya suatu barang dengan kegiatan distribusi:
  • Barang yang diproduksi di dalam negeri dan dijual di pasar lokal akan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan barang yang diproduksi di luar negeri dan dijual di pasar lokal. Hal ini karena biaya distribusi barang yang diproduksi di dalam negeri lebih rendah dibandingkan barang yang diproduksi di luar negeri.
  • Barang yang didistribusikan melalui jalur distribusi yang pendek akan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan barang yang didistribusikan melalui jalur distribusi yang panjang. Hal ini karena biaya distribusi barang yang didistribusikan melalui jalur distribusi yang pendek lebih rendah dibandingkan barang yang didistribusikan melalui jalur distribusi yang panjang.
  • Barang yang didistribusikan ke daerah yang mudah dijangkau akan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan barang yang didistribusikan ke daerah yang sulit dijangkau. Hal ini karena biaya distribusi barang yang didistribusikan ke daerah yang mudah dijangkau lebih rendah dibandingkan barang yang didistribusikan ke daerah yang sulit dijangkau.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kegiatan distribusi memiliki pengaruh terhadap harga barang. Semakin panjang jalur distribusi dan semakin sulit kondisi geografisnya, maka harga barang akan semakin mahal.