Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JAWABAN! Dalam Percakapan Coaching, Fokus dan Pusat Komunikasi adalah pada Peserta Didik

Dalam percakapan coaching, fokus dan pusat komunikasi adalah pada peserta didik, yaitu sebagai mitra bicara. Sebagai seorang guru kita harus mengesampingkan penilaian/penghakiman/pelabelan/asumsi. Kemampuan ini merupakan salah satu dari kemampuan inti coaching, yaitu...
A. Kemampuan berbicara aktif
B. Kehadiran penuh/Presence
C. Mendengarkan aktif/menyimak
D. Mengajukan pertanyaan berbobot

Jawaban: (C) Mendengarkan aktif/menyimak

Penjelasan:

Dalam percakapan coaching, fokus dan pusat komunikasi adalah pada peserta didik, yaitu sebagai mitra bicara. Sebagai seorang guru, kita harus mengesampingkan penilaian/penghakiman/pelabelan/asumsi. Kemampuan ini merupakan salah satu dari kemampuan inti coaching, yaitu mendengarkan aktif/menyimak.

Mendengarkan aktif adalah kemampuan untuk mendengarkan secara penuh dan penuh perhatian, dengan tujuan untuk memahami pikiran dan perasaan peserta didik. Dalam mendengarkan aktif, kita tidak hanya mendengarkan kata-kata yang diucapkan oleh peserta didik, tetapi juga memperhatikan bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan nada suara mereka. Kita juga berusaha untuk tidak menilai atau menghakimi peserta didik, tetapi menerima mereka apa adanya.

Kemampuan mendengarkan aktif penting dalam coaching karena memungkinkan guru untuk membangun hubungan yang kuat dengan peserta didik. Ketika peserta didik merasa bahwa mereka didengar dan dipahami, mereka akan lebih terbuka untuk berbagi pemikiran dan perasaan mereka. Hal ini dapat membantu guru untuk memahami kebutuhan dan tujuan peserta didik, sehingga dapat memberikan dukungan dan bimbingan yang tepat.

Contoh:

Misalnya, seorang peserta didik bercerita tentang kesulitan yang mereka alami dalam belajar matematika. Sebagai seorang guru, kita harus mendengarkan peserta didik dengan penuh perhatian, tanpa menghakimi. Kita harus berusaha untuk memahami mengapa peserta didik mengalami kesulitan tersebut. Kita juga harus memberikan dukungan dan bimbingan yang tepat, misalnya dengan memberikan penjelasan yang lebih mudah dipahami atau dengan memberikan latihan soal yang lebih sesuai dengan kemampuan peserta didik.

Dengan mendengarkan aktif, kita dapat membantu peserta didik untuk mengatasi kesulitan mereka dan mencapai tujuan mereka.