JAWABAN! Berikut pernyataan yang sesuai terkait pemahaman terhadap kata "pendidikan" dan "pengajaran" menurut Ki Hadjar Dewantara

Berikut pernyataan yang sesuai terkait pemahaman terhadap kata "pendidikan" dan "pengajaran" menurut Ki Hadjar Dewantara...
A. Tuntunan adalah salah satu bagian dari pengajaran
B. Tuntunan adalah salah satu bagian dari pendidikan
C. Pengajaran adalah salah satu bagian dari Pendidikan
D. Pendidikan adalah salah satu bagian dari tuntunan

Jawaban yang tepat adalah (B), Tuntunan adalah salah satu bagian dari pendidikan.

Penjelasan:

Menurut Ki Hadjar Dewantara, pendidikan adalah "usaha sadar dan terencana untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti, pikiran, dan tubuh anak-anak, agar mereka menjadi manusia yang berkepribadian, berbudaya, dan bermanfaat bagi masyarakat". Pendidikan merupakan proses yang holistik, mencakup aspek fisik, intelektual, emosional, dan spiritual.

Sedangkan pengajaran adalah bagian dari pendidikan yang lebih spesifik, yaitu proses pemberian pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik. Pengajaran merupakan salah satu cara untuk mencapai tujuan pendidikan.

Dengan demikian, tuntunan merupakan salah satu bagian dari pendidikan karena merupakan salah satu upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti, pikiran, dan tubuh anak-anak. Tuntunan dapat dilakukan melalui berbagai cara, misalnya melalui bimbingan, arahan, dan contoh.

Jadi, jawaban yang tepat adalah (B), Tuntunan adalah salah satu bagian dari pendidikan.