Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JAWABAN! Bagaimana Pola Konsumsi Berbeda di Pasar Tradisional dan Modern?

Bagaimana pola konsumsi berbeda di pasar tradisional dan modern?

Jawaban:

Pola konsumsi berbeda di pasar tradisional dan modern. Perbedaan pola konsumsi tersebut adalah sebagai berikut:

Pasar tradisional

Pasar tradisional adalah pasar yang menjual berbagai macam produk, baik produk segar maupun olahan. Pasar tradisional umumnya dikelola oleh masyarakat setempat dan memiliki suasana yang lebih tradisional.

Pola konsumsi di pasar tradisional umumnya dicirikan oleh hal-hal berikut:
  • Pembeli pasar tradisional umumnya adalah masyarakat menengah ke bawah yang memiliki pendapatan terbatas. Mereka lebih mengutamakan harga yang murah dan terjangkau. Oleh karena itu, mereka lebih sering membeli produk-produk segar lokal yang memiliki harga lebih murah dibandingkan dengan produk-produk olahan dan impor.
  • Produk yang dijual di pasar tradisional umumnya adalah produk-produk segar dan lokal. Produk-produk ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan produk-produk yang dijual di pasar modern. Hal ini karena produk-produk segar lokal tidak perlu melalui proses distribusi yang panjang.
  • Pasar tradisional lebih banyak menjual produk-produk segar, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, daging, ikan, dan telur. Hal ini karena produk-produk segar memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dan lebih sehat dibandingkan dengan produk-produk olahan.
  • Pembeli pasar tradisional umumnya berbelanja dengan cara menawar harga. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Pasar modern

Pasar modern adalah pasar yang menjual berbagai macam produk, baik produk segar maupun olahan. Pasar modern umumnya dikelola oleh perusahaan swasta dan memiliki suasana yang lebih modern.

Pola konsumsi di pasar modern umumnya dicirikan oleh hal-hal berikut:
  • Pembeli pasar modern umumnya adalah masyarakat menengah ke atas yang memiliki pendapatan lebih tinggi. Mereka lebih mengutamakan kualitas produk dan kenyamanan berbelanja. Oleh karena itu, mereka lebih sering membeli produk-produk olahan dan impor yang memiliki kualitas lebih tinggi.
  • Produk yang dijual di pasar modern umumnya adalah produk-produk olahan dan impor. Produk-produk ini memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk-produk yang dijual di pasar tradisional. Hal ini karena produk-produk olahan dan impor perlu melalui proses distribusi yang panjang.
  • Pasar modern lebih banyak menjual produk-produk olahan, seperti makanan kemasan, minuman kemasan, dan produk elektronik. Hal ini karena produk-produk olahan lebih praktis dan tahan lama.
  • Pembeli pasar modern umumnya berbelanja dengan cara membayar harga yang telah ditetapkan. Hal ini karena harga produk di pasar modern sudah ditetapkan oleh pihak pengelola pasar.

Secara umum, pola konsumsi di pasar tradisional dan modern semakin lama semakin mirip. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya pendapatan masyarakat dan perubahan gaya hidup masyarakat.