Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diskusikan dengan Teman Anda Sejauh Mana Pengaruh Lingkungan Eksternal Terhadap Keberlangsungan Organisasi

Diskusikan dengan teman anda sejauh mana pengaruh lingkungan eksternal terhadap keberlangsungan organisasi

Jawaban:

Diskusi dengan Teman

Teman: Hai, apa kabar?

Saya: Baik, kamu sendiri?

Teman: Baik juga.

Saya: Kita ngobrolin soal lingkungan eksternal dan keberlangsungan organisasi yuk.

Teman: Boleh, menarik nih.

Saya: Menurut kamu, sejauh mana pengaruh lingkungan eksternal terhadap keberlangsungan organisasi?

Teman: Menurutku, pengaruhnya sangat besar. Lingkungan eksternal terdiri dari berbagai faktor, seperti politik, ekonomi, sosial, dan teknologi. Perubahan dan tren dalam faktor-faktor tersebut dapat berdampak signifikan pada organisasi.

Saya: Iya, betul. Misalnya, perubahan kebijakan pemerintah dapat mempengaruhi regulasi bisnis yang diterapkan. Perubahan ekonomi dapat mempengaruhi daya beli konsumen. Perubahan sosial dapat mempengaruhi perilaku konsumen. Dan perubahan teknologi dapat menciptakan peluang baru atau ancaman baru bagi organisasi.

Teman: Nah, kalau organisasi tidak mampu memahami dan mengantisipasi perubahan dan tren dalam lingkungan eksternal, maka bisa jadi organisasi tersebut akan mengalami kesulitan untuk bertahan.

Saya: Iya, betul. Organisasi yang berhasil memahami dan mengantisipasi perubahan dan tren dalam lingkungan eksternal akan memiliki keunggulan kompetitif.

Teman: Misalnya, organisasi yang mampu beradaptasi dengan perubahan gaya hidup konsumen akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan baru.

Saya: Iya, betul. Organisasi yang mampu berinovasi akan lebih mudah untuk menghadapi persaingan.

Teman: Jadi, kesimpulannya, lingkungan eksternal memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keberlangsungan organisasi. Organisasi yang mampu memahami dan mengantisipasi perubahan dan tren dalam lingkungan eksternal akan memiliki peluang yang lebih besar untuk bertahan dan berkembang.

Saya: Iya, betul. Itulah mengapa penting bagi organisasi untuk melakukan analisis lingkungan eksternal secara berkala.

Teman: Ya, betul. Analisis lingkungan eksternal dapat membantu organisasi untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman yang ada di lingkungannya. Dengan demikian, organisasi dapat membuat keputusan yang tepat untuk mencapai tujuannya.

Saya: Nah, sekian dulu diskusi kita kali ini. Terima kasih atas waktunya.

Teman: Sama-sama. Sampai jumpa lagi.

Penjelasan:

Lingkungan eksternal adalah lingkungan yang berada di luar organisasi dan dapat mempengaruhi aktivitas organisasi. Lingkungan eksternal terdiri dari berbagai faktor, seperti faktor politik, ekonomi, sosial, dan teknologi. Perubahan dan tren dalam faktor-faktor tersebut dapat berdampak signifikan pada organisasi.

Pengaruh lingkungan eksternal terhadap keberlangsungan organisasi dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu:
  • Peluang (opportunity): Lingkungan eksternal dapat menciptakan peluang bagi organisasi untuk berkembang. Misalnya, perubahan teknologi dapat menciptakan produk atau layanan baru yang dapat diminati konsumen.
  • Ancaman (threat): Lingkungan eksternal juga dapat menimbulkan ancaman bagi organisasi. Misalnya, perubahan peraturan pemerintah dapat mempersulit organisasi untuk beroperasi.

Organisasi yang mampu memahami dan mengantisipasi perubahan dan tren dalam lingkungan eksternal akan memiliki peluang yang lebih besar untuk bertahan dan berkembang.

Berikut adalah beberapa contoh pengaruh lingkungan eksternal terhadap keberlangsungan organisasi:
  • Perubahan kebijakan pemerintah dapat mempengaruhi regulasi bisnis yang diterapkan. Misalnya, perubahan kebijakan pajak dapat meningkatkan biaya produksi bagi organisasi.
  • Perubahan ekonomi dapat mempengaruhi daya beli konsumen. Misalnya, resesi ekonomi dapat menurunkan daya beli konsumen, sehingga dapat mengurangi penjualan organisasi.
  • Perubahan sosial dapat mempengaruhi perilaku konsumen. Misalnya, perubahan gaya hidup konsumen dapat meningkatkan permintaan produk atau layanan baru.
  • Perubahan teknologi dapat menciptakan produk atau layanan baru yang dapat menggantikan produk atau layanan yang sudah ada.

Oleh karena itu, penting bagi organisasi untuk melakukan analisis lingkungan eksternal secara berkala. Analisis lingkungan eksternal dapat membantu organisasi untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman yang ada di lingkungannya. Dengan demikian, organisasi dapat membuat keputusan yang tepat untuk mencapai tujuannya.