Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Di Samping Karakteristik Fisik atau Kinerja, Terdapat Beberapa Faktor Psikologis yang Juga Dapat Mempengaruhi Persepsi Pelanggan Menyangkut Hubungan antara Harga dan Nilai

Di samping karakteristik fisik atau kinerja, terdapat beberapa faktor psikologis yang juga dapat mempengaruhi persepsi pelanggan menyangkut hubungan antara harga dan nilai. Jadi, perusahaan dapat mengadakan penyesuaian harga sesuai dengan pengharapan pelanggan di segmen sasaran. Silahkan anda jelaskan dan analisis penyesuaian-penyesuaian tersebut ketika diterapkan pada produk mobil listrik tesla ketika dipasarkan di indonesia.

Jawaban:

Penyesuaian Harga Mobil Listrik Tesla di Indonesia

Harga mobil listrik Tesla di Indonesia memang terbilang cukup mahal, bahkan lebih mahal dari negara-negara tetangga seperti Malaysia. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:
  • Pajak yang tinggi. Mobil listrik Tesla dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar 15% dengan Dasar Pengenaan Pajak (DPP) sebesar 0%.
  • Kurs mata uang. Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang melemah juga turut memperbesar harga mobil Tesla di Indonesia.

Meskipun harganya mahal, Tesla tetap memiliki pangsa pasar yang cukup besar di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor psikologis yang dapat mempengaruhi persepsi pelanggan menyangkut hubungan antara harga dan nilai.

Berikut adalah beberapa penyesuaian harga yang dapat dilakukan Tesla untuk meningkatkan persepsi nilai produknya di Indonesia:
  • Penawaran paket kredit yang menarik. Tesla dapat menawarkan paket kredit dengan bunga yang rendah dan tenor yang panjang. Hal ini dapat membantu pelanggan untuk menjangkau harga mobil Tesla yang tinggi.
  • Pemasangan fitur-fitur yang bermanfaat. Tesla dapat menambahkan fitur-fitur yang bermanfaat bagi pelanggan Indonesia, seperti fitur navigasi dengan peta Indonesia dan fitur bahasa Indonesia. Hal ini dapat meningkatkan nilai produk Tesla di mata pelanggan Indonesia.
  • Peningkatan kualitas layanan purna jual. Tesla dapat meningkatkan kualitas layanan purna jualnya, seperti ketersediaan suku cadang yang lengkap dan jaringan bengkel resmi yang luas. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap Tesla.

Berikut adalah analisis penyesuaian-penyesuaian tersebut:

1. Penawaran paket kredit yang menarik
Penawaran paket kredit yang menarik dapat membantu pelanggan untuk menjangkau harga mobil Tesla yang tinggi. Hal ini dapat dilakukan dengan menawarkan bunga yang rendah dan tenor yang panjang. Misalnya, Tesla dapat menawarkan bunga 0% untuk tenor 3 tahun. 

2. Pemasangan fitur-fitur yang bermanfaat
Pemasangan fitur-fitur yang bermanfaat dapat meningkatkan nilai produk Tesla di mata pelanggan Indonesia. Misalnya, Tesla dapat menambahkan fitur navigasi dengan peta Indonesia dan fitur bahasa Indonesia. Hal ini dapat memudahkan pelanggan untuk menggunakan mobil Tesla di Indonesia.

3. Peningkatan kualitas layanan purna jual
Peningkatan kualitas layanan purna jual dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap Tesla. Hal ini dapat dilakukan dengan ketersediaan suku cadang yang lengkap dan jaringan bengkel resmi yang luas. Misalnya, Tesla dapat membuka bengkel resmi di kota-kota besar di Indonesia.

Dengan melakukan penyesuaian-penyesuaian tersebut, Tesla dapat meningkatkan persepsi nilai produknya di Indonesia dan meningkatkan pangsa pasarnya di negara ini.