Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kata Pengantar Makalah Bullying Di Sekolah

Berikut adalah contoh kata pengantar untuk makalah bullying di sekolah.

Kata Pengantar

Bullying atau perundungan merupakan salah satu masalah sosial yang masih kerap terjadi di lingkungan sekolah. Bullying adalah tindakan agresif yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang secara berulang-ulang dan dari waktu ke waktu terhadap seorang korban yang tidak dapat mempertahankan dirinya dengan mudah.

Bullying dapat terjadi dalam berbagai bentuk, baik secara verbal, fisik, maupun psikologis. Bullying verbal adalah tindakan yang dilakukan dengan menggunakan kata-kata yang menyakitkan, seperti mengejek, menghina, atau mengancam. Bullying fisik adalah tindakan yang dilakukan dengan menggunakan kekuatan fisik, seperti memukul, mendorong, atau menendang. Sedangkan bullying psikologis adalah tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengintimidasi atau menakut-nakuti korban, seperti menyebarkan rumor, mengucilkan, atau memboikot.

Bullying dapat berdampak negatif bagi korban, pelaku, dan lingkungan sekolah. Bagi korban, bullying dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti trauma, depresi, kecemasan, gangguan tidur, dan penurunan prestasi akademik. Bagi pelaku, bullying dapat menyebabkan perilaku antisosial, agresivitas, dan gangguan kepribadian. Sedangkan bagi lingkungan sekolah, bullying dapat menyebabkan suasana belajar yang tidak kondusif dan meningkatkan risiko terjadinya kekerasan.

Oleh karena itu, penting untuk mencegah terjadinya bullying di sekolah. Pencegahan bullying dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya bullying
  • Menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi semua siswa
  • Membangun budaya damai dan saling menghargai di sekolah
  • Meningkatkan keterampilan sosial siswa
  • Meningkatkan peran orang tua dalam mendidik anak

Makalah ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang bullying di sekolah, termasuk jenis-jenis bullying, dampak bullying, dan cara mencegah bullying. Makalah ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi semua pihak yang peduli terhadap pencegahan bullying di sekolah.

Penulis


Kelompok 5