Analisis dan Diskusi Terjemahan Sloka Dalam Kitab Paiṅgala Upaniṣad I.2

Berikut adalah kunci jawaban soal yang terdapat pada buku Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK kelas XI halaman 28.

Buatlah kelompok kecil beranggotakan empat orang.
Diskusikanlah hal berikut ini!

Dalam Kitab Paiṅgala Upaniṣad I.2 dijelaskan bahwa “Yājnavalkya menjawab; pada permulaan, muridku, semuanya adalah ego. Itu lah Brahman, yang bebas selamanya tanpa bentuk, yang bersifat kebenaran, pengetahuan dan sukacita, terus penuh, kekal tak ada duanya.”

Diskusikanlah apa yang dapat kalian analisis dari terjemahan sloka tersebut. Tuliskan hasil analisis dan diskusi kalian dalam bentuk laporan. Kumpulkan pada guru untuk dinilai.

Jawaban:

Laporan Hasil Analisis Sloka Paiṅgala Upaniṣad I.2

Kelompok 4:

[Nama 1]
[Nama 2]
[Nama 3]
[Nama 4]

Pembahasan:

Dalam Kitab Paiṅgala Upaniṣad I.2, Yājnavalkya menjelaskan tentang Brahman, yaitu Tuhan dalam agama Hindu. Brahman digambarkan sebagai berikut:
  1. Pada permulaan, semuanya adalah ego.
  2. Brahman adalah yang bebas selamanya tanpa bentuk.
  3. Brahman bersifat kebenaran, pengetahuan, dan sukacita.
  4. Brahman terus penuh dan kekal.
  5. Brahman tak ada duanya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, kami dapat menganalisis hal-hal berikut:
  • Brahman adalah sumber segalanya. Brahman adalah sumber ego, yang berarti Brahman adalah sumber segalanya yang ada di dunia ini, termasuk manusia.
  • Brahman adalah realitas tertinggi. Brahman adalah realitas tertinggi yang bebas dari bentuk, wujud, dan sifat.
  • Brahman adalah kebenaran, pengetahuan, dan sukacita. Brahman adalah kebenaran karena Brahman adalah sumber dari segala kebenaran. Brahman adalah pengetahuan karena Brahman adalah sumber dari segala pengetahuan. Brahman adalah sukacita karena Brahman adalah sumber dari segala kebahagiaan.
  • Brahman adalah kekal. Brahman tidak tercipta, tidak berubah, dan tidak akan pernah musnah.
  • Brahman adalah tunggal. Brahman adalah satu-satunya Tuhan yang ada.

Kesimpulan:

Sloka Paiṅgala Upaniṣad I.2 memberikan gambaran tentang Brahman sebagai Tuhan yang Maha Esa, Maha Kuasa, Maha Tahu, dan Maha Baik. Brahman adalah sumber segalanya dan tujuan akhir dari segalanya.