Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JAWABAN: Menurut kalian, apa yang menjadi kesamaan pemikiran dari pendiri bangsa terhadap pengertian negara merdeka?

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya dari penjajahan Belanda. Proklamasi ini merupakan hasil perjuangan panjang dari para pendiri bangsa yang menginginkan Indonesia menjadi negara yang merdeka dan berdaulat.

Dalam perjuangannya, para pendiri bangsa memiliki pemikiran yang sama tentang pengertian negara merdeka. Kesamaan pemikiran ini tercermin dalam berbagai tulisan dan pidato mereka.

Menurut saya, yang menjadi kesamaan pemikiran dari pendiri bangsa terhadap pengertian negara merdeka adalah sebagai berikut:
  • Negara merdeka adalah negara yang berdaulat. Kemerdekaan berarti kebebasan dari campur tangan asing. Negara merdeka memiliki hak untuk menentukan nasibnya sendiri, baik dalam bidang politik, ekonomi, maupun sosial budaya.
  • Negara merdeka adalah negara yang adil dan makmur. Kemerdekaan tidak hanya berarti bebas dari penjajahan, tetapi juga bebas dari segala bentuk penindasan dan ketidakadilan. Negara merdeka harus mampu mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyatnya.
  • Negara merdeka adalah negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Kemerdekaan harus dimaknai sebagai kesempatan untuk membangun kehidupan yang lebih baik bagi seluruh rakyat. Negara merdeka harus mampu menjamin hak-hak asasi manusia dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi.

Berikut beberapa contoh pemikiran pendiri bangsa tentang negara merdeka:
  • Soekarno: "Negara Indonesia yang merdeka adalah negara yang berkedaulatan rakyat, yang tersusun dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat."
  • Moh. Hatta: "Kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan oleh karena itu penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan."
  • Ki Hajar Dewantara: "Pendidikan adalah kunci untuk mencapai kemerdekaan."
  • Raden Ajeng Kartini: "Perempuan adalah tiang negara, maka harus dididik agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik."

Kesamaan pemikiran pendiri bangsa terhadap pengertian negara merdeka menjadi landasan bagi pembangunan Indonesia. Prinsip-prinsip tersebut harus terus diperjuangkan agar Indonesia menjadi negara yang merdeka, adil, makmur, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.