Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemikiran Muhammad Ali Pasha Dalam Keberhasilannya Modernisasi Mesir

Muhammad Ali Pasha Muhammad Ali adalah pelopor kebangkitan Islam di Mesir. Beliau lahir pada bulan Januari 1765 M di Kawalla (bagian utara Yunani). Ayahnya bernama Ibrahim Agha, dari Turki, termasuk keluarga yang tidak mampu. Karena kondisi tersebut, sejak kecil Pasya bekerja membantu perekonomian keluarganya dan tidak bisa mengenyam pendidikan sebagaimana anak-anak kebanyakan.

Meskipun begitu, Pasya termasuk anak yang cerdas, pemberani, dan gigih dalam bekerja. Karakter ini yang menempa dan mengantarkannya menjadi pemimpin di Mesir. Salah satu jasa besarnya adalah berhasil membebaskan Mesir dari kekuasaan Napoleon dari Perancis. Sehingga Sultan di Turki merestui Muhammad Ali Pasya menjadi wali Mesir.

Berikut adalah pemikiran Muhammad Ali Pasya tentang pembaruan islam di Mesir:
  1. Mengirimkan pelajar Mesir untuk belajar ke Perancis, Italia, Inggris, dan Austria sebanyak 311 antara tahun 1813 – 1849;
  2. Dalam bidang militer, Pasya melakukan inovasi dengan mendatangkan seorang perwira tinggi Perancis untuk melatih tentara militer Mesir. Tidak hanya itu, Pasya juga mengirimkan pelajar terbaiknya untuk belajar kemiliteran di Perancis. Setelah lulus, mereka diminta untuk mengajar di sekolah militer di Mesir;
  3. Dalam bidang ekonomi dan pertanian, Pasya melakukan beberapa inovasi di antaranya: memperbaiki irigasi lama, membangun irigasi baru, menanam kapas, mendatangkan ahli dari Eropa, membuka sekolah pertanian.
  4. Dalam bidang pendidikan, Pasya melakukan inovasi dengan mendirikan sekolah modern, yaitu: Sekolah Militer, Sekolah Teknik, Sekolah Kedokteran, Sekolah Apoteker, Sekolah Pertambangan, Sekolah Pertanian, Sekolah Penerjemahan, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, Politeknik, Sekolah Akunting, Sekolah Sipil, Sekolah Irigasi, Sekolah Industri, Sekolah Administrasi, Sekolah Pertanian, Sekolah Perwira Angkatan Laut, Sekolah Industri Bahari, Sekolah Tinggi Kedokteran.

Pemikiran dan tindakan Muhammad Ali Pasha telah meninggalkan jejak yang tak terhapuskan dalam sejarah Mesir. Dari masa kecilnya yang penuh keterbatasan hingga menjadi pionir dalam modernisasi Mesir, Pasha adalah contoh nyata kekuatan tekad dan semangat yang dapat mengubah nasib suatu bangsa. Upaya-upaya reformasinya di berbagai bidang, mulai dari pendidikan hingga ekonomi dan militer, membawa Mesir menuju era baru yang lebih modern dan berdaya saing.

Sebagai seorang yang mengangkat Mesir dari keterpurukan, Muhammad Ali Pasha tidak hanya menjadi pahlawan di mata rakyatnya, tetapi juga dalam sejarah perubahan dan kemajuan Mesir yang tak terlupakan.