7 Hikmah Pernikahan Dalam Islam Lengkap Dengan Penjelasannya

Pernikahan dalam Islam bukan sekadar akad dan acara pernikahan, tetapi lebih dari itu, membawa serta sejuta hikmah dan keberkahan dalam kehidupan seseorang. Berikut beberapa hikmah pernikahan dalam Islam yang perlu kamu ketahui.

1. Melaksanakan Perintah Allah Swt. dan Rasul-Nya
Pernikahan adalah perintah Allah Swt. yang diabadikan dalam Al-Qur'an dan diwariskan oleh Rasulullah Saw. Dengan menikah, kita melaksanakan perintah-Nya, dan itu adalah bentuk ketaatan yang mendatangkan berkah.

2. Terbentuknya Keluarga Bahagia dan Salin Menyayangi
Pernikahan menciptakan dasar bagi sebuah keluarga yang bahagia dan penuh kasih sayang. Suami dan istri saling mendukung, menjaga, dan mencintai satu sama lain, menciptakan lingkungan yang penuh cinta dan kedamaian.

3. Hubungan yang Diridhai oleh Allah Swt.
Allah Swt. meridhai pernikahan yang dilakukan dengan niat baik dan menjalankannya dengan cara yang benar. Dalam ikatan pernikahan, terjalin hubungan yang diawasi dan diberkati oleh-Nya.

4. Generasi Penerus yang Sah
Pernikahan adalah tempat kelahiran generasi penerus yang sah. Anak-anak adalah anugerah dari Allah Swt. yang diberikan kepada pasangan suami istri. Mereka adalah bukti cinta dan ikatan yang kuat antara kedua orang tua.

5. Mendatangkan Pahala dan Menjauhkan dari Dosa Besar Zina
Dalam Islam, berzina adalah dosa besar. Pernikahan adalah benteng yang kuat untuk menjauhkan diri dari dosa ini. Dengan menjalani pernikahan, kita mendapatkan pahala dan menjaga diri dari dosa yang merusak akhlak dan kehormatan.

6. Terjalinnya Tali Silaturahmi antarkeluarga
Pernikahan bukan hanya menghubungkan suami dan istri, tetapi juga menghubungkan dua keluarga yang berbeda. Dengan pernikahan ini tentu akan membawa terjalinnya tali silaturahmi yang erat antara kedua belah pihak, menciptakan komunitas yang kuat dan penuh kasih.

7. Membukakan Pintu Rezeki dari Allah Swt.
Allah Swt. adalah ar-Razzaq, Pemberi Rezeki. Melalui pernikahan, kita membuka pintu rezeki dari-Nya. Keluarga yang bahagia dan sejahtera adalah salah satu cara Allah memberkahi hamba-Nya.

Dalam Islam, pernikahan bukan hanya sekadar ikatan fisik antara suami dan istri, tetapi juga ikatan rohani yang mendalam dengan banyak hikmah. Semua ini membentuk fondasi keluarga yang kuat dan berbahagia dalam pandangan Allah Swt. Sebagai umat Islam, mari kita menjaga dan memahami hikmah pernikahan ini dengan baik, sehingga kita bisa hidup dalam berkah dan keberkatan dari-Nya.

Komentar