Tuliskan dan Jelaskanlah Salah Satu Pemanfaatan Fenomena Pemuaian Lainnya yang Dapat Kalian Temukan di Rumah/di Sekolah


Tuliskan dan jelaskanlah salah satu pemanfaatan fenomena pemuaian lainnya yang dapat kalian temukan di rumah/di sekolah.

Jawaban: Salah satu pemanfaatan fenomena pemuaian yang dapat saya temukan di rumah adalah pada penutup botol atau kaleng yang memiliki celah cincin atau bergelombang. Celah ini memungkinkan udara masuk atau keluar saat isi botol atau kaleng mengalami pemuaian atau penyusutan akibat perubahan suhu untuk mencegah kerusakan atau kebocoran.

Penjelasannya:

Contoh pemanfaatan fenomena pemuaian lainnya yang dapat saya temukan di rumah adalah pada penutup botol atau tutup kaleng yang berbentuk cincin atau bergelombang.

Penutup ini dirancang dengan bentuk khusus untuk mengatasi pemuaian pada isi botol atau kaleng ketika disimpan di tempat yang dingin atau panas.

Ketika isi botol atau kaleng didinginkan, cairan di dalamnya akan menciut dan mengakibatkan tekanan udara dalam botol atau kaleng menurun.

Sebaliknya, saat isi botol atau kaleng dipanaskan, cairan di dalamnya akan memuai dan tekanan udara dalam botol atau kaleng meningkat.

Jika tidak ada cara bagi udara untuk masuk atau keluar dari botol atau kaleng, perubahan tekanan ini bisa menyebabkan botol atau kaleng pecah atau tertutup terlalu rapat.

Dengan menggunakan penutup berbentuk cincin atau bergelombang, udara dapat masuk atau keluar dari botol atau kaleng melalui celah tersebut, sehingga tekanan udara di dalamnya dapat seimbang dengan lingkungan sekitar.

Hal ini membantu mencegah kerusakan atau kebocoran yang dapat terjadi akibat perubahan pemuaian dan penyusutan isi botol atau kaleng.

Comments