Kunci Jawaban PAI Kelas 12 SMA/SMK Bab 5 Perkembangan Peradaban Islam di Dunia Halaman 159 s/d 162


Berikut adalah kunci jawaban PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) kelas 12 SMA/SMK/MA Bab 5 Perkembangan Peradaban Islam di Dunia halaman 159 s/d 162.

A. Pilihan Ganda

1. Dalam sejarah perkembangan Islam periode klasik fase pertama (650- 1250 M), daerah Islam di Timur meluas melalui Persia sampai ke....
A. Damsyik
B. Spanyol
C. Bagdad
D. India
E. Afganistan

Jawaban: D

2. Budaya keilmuan di Republik Islam Pakistan, telah melahirkan sejumlah ilmuwan Muslim, berikut ini yang bukan ilmuwan muslim dari Pakistan adalah....
A. Imam Malik
B. Muhammad Iqbal
C. Abu A’lã al Maududi
D. M. M. Syarif
E. Dr. Abdus Salam

Jawaban: A

3. Pakistan merupakan salah satu negara yang mempunyai peran sangat penting. Penyebabnya antara lain karena berjasa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan filsafat, serta berhasil melahirkan sejumlah lembaga pengkajian Islam dan intelektual Muslim bertaraf internasional. Berikut ini yang tokoh intelektual dari Pakistan di bidang fisika adalah…. 
A. Muhammad Iqbal
B. Fazlur Rahman
C. Abu A’lã al Maududi
D. Dr. Abdus Salam
E. M. M. Syarif

Jawaban: D

4. Pendiri Pakistan Philosophical Congress, juga editor History of Muslim Phylosophy, salah satu buku terbaik untuk sejarah filsafat saat ini adalah….
A. Muhammad Iqbal
B. Fazlur Rahman
C. Abu A’lã al Maududi
D. Dr. Abdus Salam
E. M. M. Syarif

Jawaban: E

5. Masa ekspansi kekhalifahan Turki Usmani sekitar abad ke-14 dan ke- 15 ke wilayah Balkan dan Eropa Tengah. Akibat ekspansi itu sampai sekarang terdapat kaum Muslim keturunan Turki di Yugoslavia, Rumania, Yunani, Bosnia Herzegovina, dan di Albania. Di antara negara tersebut yang mayoritas muslim adalah....
A. Yugoslavia
B. Rumania
C. Albania
D. Yunani
E. Bosnia

Jawaban: C

6. Penduduk muslim yang bermukim di Spanyol dewasa ini terdiri dan keturunan umat Islam yang terusir pada peristiwa Reqonquista (1492 M), kaum imigran pencari kerja yang bertempat tinggal di Spanyol hanya sementara, dan kaum imigran yang menetap di Spanyol. Berikut ini yang bukan negara imigran di Spanyol adalah ...
A. Maroko
B. Timur Tengah
C.  Arab Saudi
D. Asia Selatan
E. Asia Tenggara

Jawaban: E

7. Kaum imigran Muslim memasuki benua Eropa setelah perang dunia ke- 2, terutama ke negara-negara industri. Berikut ini negara yang bukan termasuk negara yang dituju yaitu...
A. Jerman
B. Belanda
C. Inggris
D. Perancis
E. Turki

Jawaban: E

8. Islam masuk ke India pada abad ke-7. kemudian agama Islam dapat berkembang dengan pesatnya di sana. Bukti berkembangnya Islam di India adalah dengan berdirinya kerajaan-kerajaan Islam serta peninggalannya. Berikut yang tidak termasuk kerajaan Islam di India adalah....
A. Kerajaan Sabaktakin
B. Kerajaan Ghazi
C. Kerajaan Mamalik
D. Kerajaan Taglak
E. Kerajaan Goa Talo

Jawaban: E

9. Hal terpenting bagi kita setelah mempelajari semua fakta sejarah peradaban umat Islam di masa lalu, menganalisis faktor pendukung kemajuan dan kemunduran, adalah mengambil ibrah (pelajaran) agar kita dapat mengulang kembali masa kejayaan tersebut dan mengantisipasi faktor yang menyebabkan kemunduran. Berikut ini yang bukan merupakan faktor kemunduran Islam adalah ....
A. Akibat Jauhnya umat Islam dengan Kitabullah dan As-Sunah
B. Taklid (ikut-ikutan) tanpa dasar
C. Terjadi perpecahan dikalangan umat Islam
D. Adanya pertempuran antara yang hak dan yang batil
E. Menghidupkan kembali ajaran yang sesuai dengan Al-Quran dan
Sunnah

Jawaban: E

10. Panglima Islam yang diutus Khalifah Umar bin Khattab untuk membebaskan Mesir dari cengkeraman Bizantium (Romawi Timur) adalah...
A. Khalid bin Walid
B. Amru bin Ash
C. Hamzah
D. Abbas
E. Ibnu Umar

Jawaban: B

B. Essay

1. Pada tahun 1992, terdapat kesepakatan antara pemerintah Spanyol dan Comission Islamica Espana (Komisi Islam Spanyol). Apa isi kesepakatan tersebut?

Jawaban: Isi kesepakatan pemerintah Spanyol dan Comission Islamica Espana adalah sebagai berikut:
  • Muslim diizinkan untuk memberikan pengajaran agama di sekolah negeri ataupun swasta. 
  • Muslim diberi izin membangun sekolah yang dikelola sendiri. 
  • Pemberian izin melaksanakan ibadah di angkatan bersenjata, rumah sakit, dan penjara.
  • Mendapatkan keringanan pajak.
  • Pemberian izin merayakan hari raya keagamaan dan difasilitasi untuk memperoleh makanan halal.

2. Perkembangan Peradaban Islam di Perancis selain ditandai banyaknya organisasi-organisasi Islam juga dapat dilihat dari peradaban apa saja!

Jawaban: Perkembangan Peradaban Islam di Perancis, yakni:
  • Masjid banyak didirikan, pemukiman-pemukiman warga Muslim, dan sekolah-sekolah untuk warga Muslim.
  • Wanita makin banyak yang berjilbab di jalan-jalan.
  • Kegiatan pameran buku-buku Islam di Perancis.
  • Toko-toko makin banyak yang menyediakan makanan-makanan halal.
  • Berkembangnya beberapa kelompok tarekat (kelompok sui), seperti Tarekat Qadiriah, Tarekat Tijaniah, Tarekat Naqsyabandiyah, dan Tarekat Bektasyi.

3. Penyebaran Agama Islam masuk ke Benua Afrika semenjak Rasulullah Saw. masih hidup. Pada tahun ke-5 dari kenabian, Rasulullah Saw. memerintahkan beberapa orang sahabatnya (berjumlah 15 orang, 11 orang laki-laki dan 4 orang wanita) untuk berhijrah ke Habsyah (Ethiopia). Hijrah ini dipimpin oleh siapa dan tujuannya apa?

Jawaban: Hijrah ke Habsyah (Ethiopia) dipimpin oleh Usman bin Maz’un yang bertujuan untuk menghindari penyiksaan-penyiksaan, dan menyelamatkan diri dari kaum kafir uraisy serta mendakwahkan agama Islam.

4. Ada tiga faktor utama penyebab kemunduran umat Islam menurut Muhammad Iqbal, coba jelaskan!

Jawaban: Faktor utama penyebab kemunduran umat Islam menurut Muhammad Iqbal, yaitu:
  • Hancurnya Bagdád yang pernah menjadi pusat politik, kebudayaan, dan pusat kemajuan pemikiran umat Islam pada pertengahan abad ke-13.
  • Timbulnya paham fatalisme, yang menyebabkan umat Islam pasrah pada nasib dan tidak mau bekerja keras.
  • Sikap Jumud (statis) dalam pemikiran Islam.

5. Pada tahun 1963 M, para mahasiswa Muslim berkumpul di Universitas Illinois, Champaga, Urbana untuk mendirikan himpunan mahasiswa Muslim yang bernama Muslim Student Association (MSA). Apa usaha-usaha organisasi ini dapat dilakukan?

Jawaban: Usaha-usaha organisasi Muslim Student Association (MSA) di Universitas Illinois, Champaga, Urbana adalah:
  • Memberi kesempatan pada para mahasiswa untuk mempelajari Islam dalam konteks modern.
  • Pada tahun 1966 mendirikan organisasi IIFSO, International Islamic Federation of Student Organizations (Federasi Organisasi-organisasi Mahasiswa Islam Internasional) di Universitas Ibadan, Nigeria.
  • Pada tahun 1967, MSA mendirikan Islamic Medical Association (Himpunan kedokteran Islam).
  • Pada tahun 1972, MSA mendirikan organisasi Association of Muslim Social Scientits (Himpunan Ilmuwan Sosial Muslim = AMSS). Kegiatan AMSS ini diantaranya bekerja sama dengan International Institute of Islamic hought (Institut International untuk Pemikiran Islam = IIIT), dan menerbitkan American Journal of Islamic Social Sciences (Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Islam di Amerika) AJISS.

Comments