Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 236 Uji Pemahaman Bab 8 Bumiku Sayang, Bumiku Malang

Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 5 SD halaman 236 Uji Pemahaman Bab 8 Bumiku Sayang, Bumiku Malang.

Ceritakan pengalaman kalian atau pengalaman orang lain yang pernah kalian dengar tentang: 

1. Sebuah peristiwa perubahan lingkungan karena peristiwa alam dan sebuah peristiwa perubahan lingkungan karena aktivitas manusia.

Jawaban: Pernah suatu kali, saya mendengar cerita dari nenek saya tentang sebuah gempa bumi yang terjadi di daerah tempat tinggalnya. Saat itu, tiba-tiba terjadi getaran hebat yang membuat rumahnya bergoyang. Gempa tersebut disebabkan oleh pergerakan lempeng tektonik di bawah Bumi. Walaupun tidak ada yang bisa mencegah gempa bumi terjadi, tetapi keluarga dan warga sekitar harus menghadapinya dengan sigap dan mempersiapkan diri menghadapi risiko gempa.

2. Dampak yang terjadi akibat perubahan lingkungan tersebut. 

Jawaban: Dampak dari gempa bumi tersebut mengakibatkan rumah-rumah hancur, jalan-jalan retak, dan fasilitas umum rusak. Selain itu, ada juga bencana tsunami yang mengikuti gempa tersebut, menyapu bersih pemukiman penduduk di sepanjang pantai. Banyak nyawa melayang dan orang kehilangan tempat tinggal mereka. Dampaknya sangat merugikan masyarakat dan memerlukan waktu lama untuk pemulihan.

3. Cara mengatasi atau mengurangi dampak perubahan lingkungan karena aktivitas manusia.

Jawaban: Untuk mengatasi atau mengurangi dampak perubahan lingkungan karena aktivitas manusia, kita bisa melakukan beberapa langkah. Salah satunya adalah dengan menerapkan prinsip 3R, yaitu reduce, reuse, dan recycle. Kurangi penggunaan plastik sekali pakai, lebih sering menggunakan barang-barang yang bisa digunakan kembali, dan daur ulang sampah agar tidak mencemari lingkungan. Selain itu, kita juga bisa mendukung program konservasi hutan dan lahan, serta turut berpartisipasi dalam penanaman kembali pohon-pohon yang telah ditebang.

4. Siapa saja yang bisa berperan untuk mengatasi atau mengurangi dampak perubahan lingkungan karena aktivitas manusia

Jawaban: Semua orang bisa berperan dalam mengatasi atau mengurangi dampak perubahan lingkungan karena aktivitas manusia. Mulai dari diri sendiri, keluarga, masyarakat, pemerintah, dan bahkan perusahaan. Setiap individu dapat mengambil tindakan kecil, seperti mengurangi pemakaian plastik, membuang sampah pada tempatnya, atau mendukung program lingkungan yang ada. Pemerintah dan perusahaan juga berperan penting dalam menerapkan kebijakan dan praktik ramah lingkungan guna melindungi Bumi kita ini. Dengan bersama-sama berperan, kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan lestari untuk generasi mendatang.