Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 226 Topik B: Oh, Lingkungan Jadi Rusak

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 226 Topik B: Oh, Lingkungan Jadi Rusak

1. Apa saja sampah yang dihasilkan karena aktivitas manusia?
Jawaban: Sampah yang dihasilkan karena aktivitas manusia antara lain, sampah organik seperti sisa makanan, kayu, dan daun, serta sampah non-organik seperti plastik, kertas, dan lainnya.

2. Mengapa sampah plastik bisa membuat lingkungan menjadi rusak?
Jawaban: Sampah plastik dapat membuat lingkungan menjadi rusak karena plastik sulit terurai alami. Jika tidak dikelola dengan baik, plastik akan mencemari air sungai dan laut, berdampak buruk pada kehidupan biota laut, termasuk ikan yang kemudian bisa masuk dalam rantai makanan dan berakhir di dalam tubuh manusia.

3. Apakah kalian sering menggunakan plastik? Untuk keperluan apa?
Jawaban: Ya, kami sering menggunakan plastik dalam kehidupan sehari-hari untuk berbagai keperluan seperti kantong belanja, wadah makanan, dan perlengkapan rumah tangga lainnya.

4. Apa dampak bagi manusia dari lingkungan yang rusak karena sampah plastik?
Jawaban: Lingkungan yang rusak akibat sampah plastik dapat berdampak negatif bagi kesehatan manusia. Jika mikroplastik masuk ke tubuh manusia melalui makanan, dapat mengganggu sistem pencernaan dan berpotensi menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

5. Bagaimana cara kalian mengurangi penggunaan plastik untuk menjaga lingkungan?
Jawaban: Untuk menjaga lingkungan dan mengurangi penggunaan plastik, kami berusaha menggunakan kantong kain atau tas berulang saat berbelanja serta menghindari penggunaan kantong plastik sekali pakai.