Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 SD Halaman 145 Topik C: Masyarakat di Daerahku


Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 4 SD halaman 145 Topik C: Masyarakat di Daerahku

1. Mata pencaharian apa yang dominan ada di daerah kalian?
Jawaban: Mata pencaharian yang dominan di daerah kami adalah bertani, seperti padi, kopi, dan jagung.

2. Apakah bentang alam daerah kalian memengaruhi mata pencaharian di sana?
Jawaban: Ya, bentang alam daerah kami memengaruhi mata pencaharian. Misalnya, tanah yang subur dan kondisi iklim yang cocok membuat bertani menjadi pilihan utama karena hasilnya bagus.

3. Apa perbedaan masyarakat di daerah kalian kini dengan dahulu?
Jawaban: Perbedaan masyarakat di daerah kami sekarang dengan dahulu tidak terlalu mencolok. Beberapa tradisi dan kebiasaan masih dijaga, tetapi ada juga beberapa perubahan dalam gaya hidup dan teknologi yang ikut mempengaruhi.

4. Hal menarik apa saja yang kalian dapatkan tentang adanya pendatang di daerah kalian?
Jawaban: Hal menarik yang kami dapatkan tentang adanya pendatang di daerah kami adalah semangat dan kegigihan mereka dalam bekerja bertani. Mereka membawa pengalaman dan ide-ide baru yang dapat memperkaya cara bertani di sini.

5. Menurut kalian, apa kelebihan dan kekurangan tentang keberadaan pendatang di daerah kalian?
Jawaban: Kelebihan pendatang di daerah kami adalah semangat dalam bekerja bertani, tetapi kekurangannya adalah mereka tidak mengerti bahasa daerah kami. Hal ini membuat komunikasi terkadang sedikit sulit.

6. Menurut kalian, sikap apa yang dapat dilakukan sebagai masyarakat untuk mendukung perkembangan daerah menjadi lebih baik?
Jawaban: Sebagai masyarakat, kita dapat mendukung perkembangan daerah menjadi lebih baik dengan bekerja sama dalam mengelola sumber daya alam, memberdayakan masyarakat lokal, serta memperkuat pendidikan dan kesehatan di daerah kami.

7. Menurut kalian, seberapa penting kita perlu melestarikan dan menjaga budaya lokal? Mengapa?
Jawaban: Melestarikan dan menjaga budaya lokal seperti tradisi, adat istiadat, bahasa, dan nilai-nilai yang turun-temurun sangat penting karena itu merupakan identitas kami sebagai masyarakat.

8. Apa hal yang dapat diupayakan untuk menjaga adat budaya yang dimiliki daerah kalian, hingga dapat terus dinikmati oleh generasi berikutnya?
Jawaban: Hal yang dapat diupayakan untuk menjaga adat budaya yang dimiliki daerah kami, hingga dapat terus dinikmati oleh generasi berikutnya adalah mengajarkan dan mempraktikkan tradisi-tradisi dan adat istiadat kepada anak-anak muda.

Comments