Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 SD Halaman 68 topik Gaya Otot dan Gaya Gesek


Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 4 SD halaman 68 topik Gaya Otot dan Gaya Gesek.

1. Apa itu gaya?

Jawaban: Gaya adalah suatu kekuatan atau tarikan yang bekerja pada benda dan menyebabkan perubahan gerak atau bentuknya. Gaya bisa mendorong benda untuk bergerak, menghentikan gerakan benda, atau membuat benda berubah bentuk.

2. Apa saja kegiatan sehari-hari yang memakai gaya?

Jawaban: Kegiatan sehari-hari yang memakai gaya banyak sekali. Contohnya saat kita mendorong pintu untuk membukanya, menarik tali ritsleting, menggulung bola, atau bahkan saat kita berjalan, lari, atau bermain olahraga. Semua itu melibatkan penggunaan gaya.

3. Kapan gaya gesek terjadi?

Jawaban: Gaya gesek terjadi ketika dua permukaan benda saling bersentuhan dan mengalami perlawanan terhadap gerakan satu sama lain. Misalnya, saat kita menggesekkan telapak tangan pada meja, maka terjadi gaya gesek antara tangan dan meja.

4. Apa pengaruh gaya gesek pada suatu benda?

Jawaban: Pengaruh gaya gesek pada suatu benda bisa berbeda. Gaya gesek bisa membantu benda berhenti ketika kita ingin menghentikannya, seperti menginjak rem sepeda atau mobil. Namun, gaya gesek juga bisa menghambat gerakan benda, membuatnya sulit bergerak, seperti menggesekkan kaki di atas lantai licin.

5. Bagaimana cara memperkecil atau memperbesar gaya gesek pada suatu benda?

Jawaban: Untuk memperkecil gaya gesek antara dua benda, kita bisa menggunakan pelumas atau minyak pada permukaan yang bersentuhan. Pelumas akan membuat permukaan benda menjadi licin, sehingga gaya gesek berkurang. Sementara itu, untuk memperbesar gaya gesek, kita bisa menambah tekanan atau daya gesek antara dua permukaan benda yang bersentuhan. Contohnya, saat kita menekan tangan lebih kuat pada permukaan meja, gaya gesek antara tangan dan meja akan bertambah besar.