Kunci Jawaban IPA Kelas 7 SMP Halaman 67 Uji Kemampuan Topik C: Perubahan Fisika dan Kimia


Berikut adalah kunci jawaban IPA kelas 7 SMP halaman 67 Uji Kemampuan Topik C: Perubahan Fisika dan Kimia.

1. Ketika kalian makan, perubahan apa saja yang terjadi pada makanan tersebut? Perubahan apa yang terjadi pada tubuh kalian? Identifikasi semua perubahan selama proses makan sebagai perubahan fisika atau kimia dan berikan alasannya.

Jawaban: Ketika saya makan, perubahan yang terjadi pada makanan tersebut adalah saat saya mengunyah makanan, makanan itu mengalami perubahan fisika, yaitu pemecahan menjadi potongan-potongan kecil sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Selanjutnya, ketika makanan mencapai lambung, asam lambung membantu mencerna makanan. Hal ini merupakan perubahan kimia.

Setelah itu, nutrisi dari makanan yang telah dicerna diserap oleh usus dan masuk ke dalam aliran darah. Hal ini merupakan perubahan fisika karena makanan tersebut tidak berubah menjadi zat baru.

Ketika makanan sudah diserap oleh tubuh, tubuh akan menggunakan nutrisi tersebut untuk memperbaiki sel-sel dan memberikan energi bagi tubuh. Hal ini juga merupakan perubahan kimia karena nutrisi tersebut diubah oleh tubuh menjadi zat-zat yang diperlukan untuk fungsi tubuh.

2. Dengan menggunakan peta konsep atau jaring laba-laba (spider-web), buatkan ringkasan subbab B dan C mengenai perubahan zat. Upayakanlah peta konsep kalian menarik agar dapat terus kalian gunakan saat mempelajari kembali topik ini. Setelah itu, dengan menggunakan peta konsep atau jaring laba-laba yang telah kalian buat, jelaskanlah mengenai perubahan zat kepada teman, saudara atau orang tua kalian. Apabila kalian menggunakan pemahaman dan kata-kata sendiri, akan lebih mudah bagi kalian untuk menjelaskan.
Catatlah pertanyaan- pertanyaan yang diajukan teman, saudara atau orang tua kalian untuk didiskusikan dengan guru kalian pada pertemuan selanjutnya.

Jawaban: Peta Konsep Perubahan Zat:

Perubahan Zat

|- Perubahan Fisika
   |- Ukuran berubah
   |- Warna berubah
   |- Wujud berubah
   |- Reversibel (dapat kembali ke bentuk semula)

|- Perubahan Kimia
   |- Zat baru terbentuk
   |- Tidak reversibel (tidak dapat kembali ke bentuk semula)
   |- Perubahan warna
   |- Terbentuk gas
   |- Terbentuk endapan
   |- Perubahan energi (cahaya, panas)

Penjelasan menggunakan peta konsep:

Perubahan zat dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia.

Perubahan fisika adalah perubahan yang tidak mengubah zat menjadi zat baru.

Contohnya adalah ketika mengubah ukuran, warna, atau wujud zat. Perubahan ini dapat dibalik atau reversibel.

Sedangkan, perubahan kimia adalah perubahan yang menghasilkan zat baru dan tidak dapat dibalik atau ireversibel.

Beberapa tanda perubahan kimia adalah perubahan warna, terbentuknya gas, terbentuknya endapan, dan perubahan energi seperti cahaya atau panas.

Setelah membuat peta konsep ini, saya akan menjelaskan mengenai perubahan zat kepada teman atau keluarga saya dengan menggunakan contoh-contoh yang mudah dimengerti. Saya akan menunjukkan bagaimana perbedaan antara perubahan fisika dan kimia dengan contoh sehari-hari yang mereka bisa pahami.

Saya juga akan mencatat pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan agar dapat didiskusikan dengan guru saya pada pertemuan selanjutnya, sehingga saya bisa memahami topik ini dengan lebih baik.

Comments